Semburan uap di sumur IJN 6-1 terjadi sejak Minggu pagi (26/4). Ini merupakan sumur pertama dari empat sumur yang direncakan dalam tahap eksplorasi untuk pengembangan PLTP Blawan Ijen dengan kapasitas 110 megawatt (MW) di Bondowoso, Jawa Timur.

Jakarta, Petrominer – PT Medco Power Indonesia menyatakan masih mengatasi semburan uap di sumur eksplorasi IJN 6-1 yang terjadi sejak Minggu pagi (26/4) di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Ijen di wilayah Blawan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur.

Saat ini, Medco Power melalui anak usahanya, PT Medco Cahaya Geothermal (MCG), sedang berupaya mentstabilkan sumur melalui pemompaan lumpur berat pengeboran. Dengan langkah ini, kondisi tersebut diharapkan dapat segera diatasi.

“Semburan uap terjadi pada waktu pengeboran sumur IJN 6-1 di kedalaman dangkal 630 m, setelah memasuki steam reservoir yang bersuhu tinggi,” ujar Direktur Utama Medco Power, Eka Satria, Senin (2/4).

Eka menjelaskan, kejadian ini merupakan peristiwa yang dapat terjadi dalam pengeboran panasbumi dan telah diantisipasi dengan pemasangan BOP (Blow Out Preventer). Kejadian tersebut telah dilaporkan dan telah dikoordinasikan dengan Institusi Pemerintahan terkait, pemerintah daerah setempat dan telah dilakukan sosialisasi

“Pada saat kejadian, BOP berfungsi normal namun karena tekanan dan temperatur yang semakin meningkat, maka terjadilah pengaliran uap ke permukaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eka menegaskan bahwa dari semburan uap tersebut tidak terdeteksi adanya gas berbahaya yang dapat membahayakan masyarakat setempat. Hingga Senin pagi, situasi di lokasi pengeboran tetap terkendali.

“Sampai saat ini pihak MCG masih mengatasi semburan uap tersebut dengan menstabilkan sumur melalui pemompaan lumpur berat pengeboran, dan diharapkan kondisi dapat segera diatasi,” tegasnya.

MCG merupakan perusahaan patungan antara Medco Power dan PT Ormat Geothermal Power. Pengeboran sumur IJN 6-1 dimulai sejak akhir Maret 2020 lalu. Ini merupakan sumur pertama dari total empat sumur yang direncakan dalam tahap eksplorasi untuk pengembangan PLTP Ijen dengan kapasitas 110 megawatt (MW).

Lihat juga: Medco Bor Sumur Eksplorasi Proyek PLTP Ijen

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here