Riau, Petrominer – Khabar gembira dari kegiatan di Blok Coastal Plains and Pekanbaru (CPP), Riau. Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu (BOB) berhasil menemukan cadangan minyak baru dari sumur Benewangi yang ditajak sejak 22 Desember 2018 lalu.

“Penemuan cadangan minyak ini merupakan kabar gembira bagi perusahaan dan masyarakat Riau. Ini juga merupakan capaian yang baik di awal tahun 2019,” ujar Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi, Abdul Mutalib Masdar, Minggu (10/2).

Abdul Mutalib Masdar bersama Manajemen PT Bumi Siak Pusako dan didampingi oleh General Manager BOB PT BSP – Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady, meninjau langsung ke lokasi sumur Benewangi di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau.

Dengan adanya temuan cadangan minyak bumi ini, jelasnya, berarti BOB PT BSP-Pertamina Hulu dapat meningkatkan hasil produksinya. Dia mengapresiasi kinerja BOB PT BSP–Pertamina Hulu atas keberhasilan tersebut, Dia juga berharap penyiapan segera strategi berikutnya berupa post drill analysis untuk memastikan jumlah cadangan yang sudah ditemukan dan kemudian melakukan produksi untuk dikomersialkan.

“Jadi kalau kita melihat kondisi existing, kita dapat segera melakukan komersialisasi atau POP (Put On Production), dan harus segera dilakukan evaluasi agar dapat melakukan lagi pengeboran sumur lainnya disekitar sumur Benewangi ini,” ujar Abdul Muthalib Masdar.

Hal senada juga disampaikan Riry. Dia menyatakan bersyukur atas temuan tersebut, yang akan menambah produksi minyak saat ini.

“Alhamdulillah, atas semua rahmat yang telah Allah berikan sehingga operasi pemboran sumur eksplorasi Benewangi dapat berjalan sesuai dengan rencana, aman meskipun dalam pelaksanaan kami menemukan beberapa kendala namun berakhir baik dan berhasil dengan discovery,” tegasnya.

Riry menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti di sini dan akan berusaha untuk mencari cadangan cadangan minyak lainnya untuk meningkatkan produksi nasional, yang nantinya akan dinikmati oleh masyararakat Indonesia.

Dari hasil test yang sudah dilakukan, didapatkan minyak yang berasal dari sumur Benewangi #J-01 dengan total kedalaman 2800 ft MD ini mengalir ke permukaan secara alamiah (natural flowing) dari dua prospect lapisan, sementara BOB PT BSP – Pertamina Hulu masih mengevaluasi lanjut untuk menghitung besaran cadangan dan produksi yang akan dihasilkan.

Sebelumnya, Pemerintah teleh memutuskan bahwa kontrak pengelolaan Blok CPP akan diserahkan kepada PT Bumi Siak Pusako (100 persen) selama 20 tahun pasca kontraknya berakhir 8 Agustus 2022. Bumi Siak Pusako merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten Siak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here