Penanaman pohon di area Pantai Rembat, Indramayu, Jawa Barat.

Indramayu, Petrominer – Dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 November, afiliasi Subholding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) melakukan penanaman 200 cemara laut di Pantai Rembat Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/11).

Kegiatan tersebut diawali dengan penanaman pohon secara simbolis oleh GM Operation East Region Pertagas, Gatot Budhi Prakoso. Didampingi Management Pertagas Operation West Java Area (OWJA), Kepala Desa Juntinyuat, Sunarto, dan Ketua Karangtaruna Desa Juntinyuat, Bastian.

Dalam kesempatan itu, Gatot menyampaikan perusahaan perlu ikut andil dalam upaya menahan laju abrasi di pantai utara Pulau Jawa, sekaligus mendukung program pengurangan emisi. Salah satu caranya adalah dengan menanam pohon di area pesisir.

“Penanaman pohon ini menjadi bagian dalam upaya Pertamina membantu menahan laju abrasi di pantai utara Jawa. Ke depan, hasil dari kegiatan penghijauan Pertagas OWJA ini diharapkan mampu berkontribusi dalam mendukung program pengurangan emisi. Untuk itu, dukungan Pemerintah Desa dan masyarakat tentunya sangat dibutuhkan dalam keberlanjutan program-program penghijauan perusahaan,” ungkapnya.

Rusaknya kawasan vegetasi pantai di kawasan pantai Rembat akibat abrasi menjadi alasan dipilihnya lokasi pantai tersebut sebagai bagian dari program penghijauan Pertagas OWJA. Dengan penanaman pohon cemara laut, Pertagas, Pemerintah Desa dan masyarakat diharapkan dapat terus bersinergi dalam upaya pengembalian vegetasi pantai dan mengurangi laju abrasi serta penghijauan pantai Rembat.

Sebelum menanam pohon cemara laut, Pertagas terlebih dahulu memperbaiki bibir pantai dengan melakukan pemasangan Geotube sepanjang 200 meter. Program ini dibarengi dengan penanaman 300 mangrove, sebagai upaya mengurangi laju abrasi pantai Rembat.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina Gas. Kegiatan penanaman pohon ini mudah mudahan dapat terus berlanjut, sinergi pemerintah Desa dan Pertagas kami harapkan mampu memberi pembelajaran kepada masyarakat dan mendukung upaya desa menciptakan lokasi wisata ramah lingkungan khususnya di Pantai Rembat,” ujar Sunarto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here