Minahasa, Petrominer – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahkan bantuan sumur bor air bersih kepada warga di daerah sulit air. Kali ini, giliran warga Desa Tateli Weru, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, yang secara langsung menerima sumur bor air bersih tersebut, Jum’at (8/2)

Usai meresmikan sumur bor bantuan itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Munir Ahmad, menjelaskan telah diserahkan 15 titik sumur bor air bersih di Provinsi Sulawesi Utara yang dibangun dengan dana APBN 2018. Salah satunya yang dibangun di Desa Tateli Weru. Selanjutnya, secara penuh dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Mengingat telah diserahterimakan kepada warga, Munir berpesan kepada warga untuk bersama-sama menjaga kelangsungan operasi sumur bor tersebut. Biaya pemeliharaan dari masyarakat desa, karena Pemerintah Pusat tidak punya anggaran untuk itu. Karena itulah, masyarakat diminta untuk merawat sama-sama fasilitas yang ada tersebut.

“Total ada 560 titik se-Indonesia yang tersebar di 34 provinsi dibangun pada tahun 2018,” jelasnya.

Penentuan titik sumur bor berawal dari usulan masyarakat kemudian aparat desa. Harus ada kelengkapan administrasi untuk pengajuan bantuan sumur bor ini. Tahun 2019 ini, ada 650 titik pembangunan sumur air bersih di Indonesia, masyarakat dipersilakan mengajukan karena belum ditentukan lokasi pembangunannya.

Lima belas unit sumur bor yang dibangun di Sulawesi Utara tahun 2018 tersebut memiliki spesifikasi teknis kedalaman 55-126 m, debit antara antara 1,5 s/d 2,0 Liter/detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diamater 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 15 KPA, menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK, dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa, dan bak penampungan air berkapasitas 5.000 liter. Dengan debit air rata-rata 1,5 liter/detik, setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.160 jiwa.

Secara keseluruhan, sampai akhir tahun 2018, Kementerian ESDM telah membangun sumur bor sebanyak 2.288 unit, tersebar di 33 provinsi dan 312 kota/ kabupaten.

Di Sulawesi Utara sendiri, berhasil dibangun sebanyak 15 unit sumur bor yang tersebar di :

  1. Desa Teteli Weru, Kec. Mandolang, Kab, Minahasa
  2. Desa Mahembang, Kec. Kakas, Kab, Minahasa
  3. Desa Kiawa Dua, Kec. Kawangkoan Utara, Kab, Minahasa
  4. Desa Kombi Kec. Kombi, Kab, Minahasa
  5. Desa Sea Induk, Kec. Pineleng, Kab, Minahasa
  6. Desa Sea Satu, Kec. Pineleng, Kab, Minahasa
  7. Desa Talikuran Satu, Kec.. Sonder, Kab, Minahasa
  8. Desa Malendeng, Kec. Paal II, Kab. Minahasa
  9. Desa Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado
  10. Desa Tanjung Batu. Kec. Wanea, Kota Manado
  11. Desa Teep Trans, Kec. Amurang Barat, Kab. Minahasa Selatan
  12. Desa Tokin Baru, Kec. Motoling Timur, Kab. Minahasa Selatan
  13. Desa Kapoya Satu, Kec. Suluun Tareran, Kab. Minahasa Selatan
  14. Desa Radey, Kec. Tenga, Kab. Minahasa Selatan
  15. Desa Tumpaan Satu, Kec. Tumpaan, Kab. Minahasa Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here