General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda, meresmikan SPLU Beji Lintar di Loksem PKL Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (4/8). (Petrominer/Pris)

Jakarta, Petrominer — PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) membuat terobosan baru untuk menyediakan kebutuhan listrik bagi masyarakat, khususnya para pedagang kaki lima (PKL). Sebuah alat yang disebut Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) Beji Lintar disiapkan sebagai sumber listrik yang legal dan aman di tempat umum.

“SPLU Beji Lintar merupakan terobosan dan solusi dari PLN untuk memfasilitasi para PKL khususnya ataupun masyarakat pada umumnya dalam mendapatkan sumber listrik yang legal dan aman di tempat umum,” ujar General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda, di sela-sela acara peresmian SPLU Beji Lintar di Loksem PKL Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (4/8).

Syamsul Huda menjelaskan, SPLU Beji Lintar mengadopsi sistem prabayar. Untuk dapat menggunakan SPLU Beji Lintar tersebut, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan lD Pelanggan yang tercantum di SPLU yang akan digunakan.

Sebelum SPLU didirikan, menurutnya, para pedagang menggunakan sumber listrik dari rumah warga, dari genset, atau bahkan ada beberapa yang menggunakan listrik secara ilegal dengan mencantol ke tiang listrik secara langsung.

“Selain merugikan negara, hal tersebut juga dapat membahayakan para pedagang dan masyarakat sekitar karena instalasi dan alat yang digunakan tidak sesuai standar,” papar Syamsul Huda.

Peresmian SPLU di lokasi ini juga menjadi penanda peresmian operasional SPLU Beji Lintar se-DKI Jakarta. Peresmian ini juga dihadiri oleh Walikota Administrasi Jakarta Barat, Anas Efendi. Tidak hanya di Pegadungan, PLN Disjaya juga telah memasang SPLU Beji Lintar di 26 titik yang tersebar se-DKl Jakarta, seperti di Menteng, Bandengan, Bulungan, Kebon Jeruk, Ciputat, Bintaro, Jatinegara, Pondok Kopi, Cengkareng, Kramat Jati, Ciracas, Pondok Gede, dan Lenteng Agung per tanggal 4 Agustus 2016 pukul 07.00 WIB.

Sampai dengan Hari Listrik Nasional yang diperingati 27 Oktober 2016, PLN Disjaya menargetkan pemasangan 200 SPLU Beji Lintar di seluruh wilayah kerja PLN Disjaya.

Keberadaan SPLU Beji Lintar di Loksem PKL Kelurahan Pegadungan dan di lokasi-lokasi lain di Jakarta diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan listrik secara legal, baik untuk kepentingan usaha, melistriki fasilitas pelayanan masyarakat dankepentingan lainnya, ” ujar Syamsul Huda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here