Jakarta, Petrominer – PT Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) menandatangani Kontrak Kerjasama Pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kapasitas 10,5 megawatt (MW) dengan Sungrow Power Supply Co.Ltd. dari China. PLTS ini untuk memasok kebutuhan listrik perkebunan dan pengolahan kelapa sawit di Sumatera Selatan.

Penandatanganan kontrak kerjasama tersebut dilakukan dalam virtual meeting zoom oleh Direktur Utama SESM, Zulfian Mirza, dan Baggio mewakili manajemen Sungrow, Rabu (12/8). Kontrak ini merupakan kelanjutan dari proses tender pengadaan PLTS Musi Green Hybrid berkapasitas 10,5 MW.

Menurut Zulfian, Sungrow berhasil memenangkan proses tender pengadaan tersebut yang diikuti oleh tujuh perusahaan dari China, Eropa, dan Korsel dalam tiga bulan terakhir ini. Penilaian tender tidak hanya berdasarkan penawaran harga terendah yang disampaikan, namun juga melihat term dan kondisi lainnya seperti waktu konstruksi, spesifikasi photovoltaic (pv) tier 1 dan garansi internasional pv 35 tahun yang melebihi durasi kontrak 20 tahun.

“Selanjutnya SESM dan Sungrow akan memulai konstruksi PLTS pada September 2020 dan direncanakan COD pada Januari 2021, sesuai perencanaan awal proyek,” ungkapnya.

Bagi Sungrow Power, ini merupakan kerjasama pertama internasional di Indonesia. Perusahaan swasta berbasis di Hefei China ini punya pengalaman yang telah teruji. Kontrak ini dilihatnya sebagai kesempatan untuk terus berkembang dan melihat potensi lainnya di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here