Cillacap, Petrominer – Lebih dari 1.853 orang ikut serta dalam gelaran Senam APD (Alat Pelindung Diri) di area Benteng Pendem, Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa pagi (5/3). Kegiatan yang digelar oleh PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV ini mendapat Rekor MURI dalam kategori Senam Berbusana APD Peserta Terbanyak.

Unit Manager Communication, Relations dan CSR RU IV, Laode Syarifuddin Mursali, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pertamina untuk mengajak para pekerja, mitra kerja, dan masyarakat umum mengenai pentingnya keselamatan diri terutama dalam bekerja.

“Keselamatan diri dalam bekerja diawali dengan kondisi yang sehat dan bugas untuk mulai bekerja atau disebut fit to work. Dengan adanya kegiatan ini yang dilakukan secara massal, bisa menjadi ajakan yang menarik sehingga bisa saling mengingatkan satu sama lain,” kata Laode.

Dalam kesempatan itu, para peserta juga dikenalkan untuk memanfaatkankan tumblr dan sedotan stainless melalui pembagian 2.412 botol dan sedotan. Ini untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi penggunaan sampah plastik. Peresmian kedua Rekor Muri tersebut dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pertamina.

Uniknya, kedua kegiatan ini juga memecahkan Rekor MURI, dalam kategori Pembagian Botol Minum dan Sedotan Pakai Ulang Terbanyak.

“Kita tahu penggunaan tumblr dan sedotan stainless dapat mengurangi penggunaan plastik yang berulang. Tentunya ini sangat membantu mengurangi sampah plastik yang tidak dapat terurai,” tambahnya.

Menurut Excecutive Manager MURI, Sri Widayati, pemecahan rekor ini merupakan yang pertama dan belum ada sebelumnya. Dia pun berharap kampanye ini tidak terhenti sampai pada para peserta saja. Namun juga bisa disebarluaskan ke keluarga, kerabat, dan masyarakat yang lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here