Acara roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 di Palembang, Jum’at (10/6).

Palembang, Petrominer – BIGMIND Innovation Award kembali digelar. Ajang ini untuk memberikan apresiasi kepada para akademisi, start-up, komunitas litbang, karyawan pertambangan dan masyarakat umum yang mampu memberi ide kreativitasnya untuk menjawab tantangan dan dinamika industri pertambangan.

“Ajang Inovasi ini dibagi menjadi tiga kategori besar, yaitu Continuous Improvement, New Revenue Stream, dan Greenovator. Ajang ini diharapkan menghasilkan solusi inovasi maupun ide kreatif untuk diimplementasikan di MIND ID Grup,” ungkap SVP Indonesia Mining & Mineral Research Institute (IMMRI), Ratih Dewihandajani Amri, dalam roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 di Palembang, Jum’at (10/6).

Roadshow bertajuk “Evolusi dan Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia” ini menghadirkan dua pembicara eksternal yaitu Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara, Irwandy Arif, dan Dewan Penasihat Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI), R Sukhyar. Acara dipandu oleh VP SDM Bukit Asam, Muhammad Hatta.

“Kegiatan ini dihadiri lebih dari 400 partisipan yang tergabung secara hybrid,” ujar Ratih.

Lebih lanjut, dia menjelaskan BIGMIND Innovation Award 2022 merupakan ajang kompetisi yang digelar oleh MIND ID. Diikuti oleh perusahaan-perusahaan MIND ID Grup, yakni PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk.

MIND ID terus mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi, riset, dan pengembangan khususnya pada kluster mineral dan batubara di Indonesia. Ini dilakukan mengingat ragam inovasi dalam lanskap pertambangan belum begitu mendapat perhatian di Indonesia. Sementara ruang inovasi yang tersedia di industri ini sebenarnya sangat terbuka lebar untuk bisa dijajaki oleh para inovator Indonesia secara luas.

BIGMIND Innovation Award 2022 merupakan ajang kompetisi yang digelar oleh MIND ID untuk memberikan apresiasi kepada para akademisi, kalangan start-up, komunitas litbang, karyawan pertambangan dan masyarakat umum yang mampu memberi ide kreativitasnya untuk menjawab tantangan dan dinamika industri pertambangan yang dikenal memiliki kompleksitas tinggi.

6 Roadshow

Mencermati tingginya antusiasme peserta, panitia penyelenggara menggelar enam kali roadshow. Dengan begitu, masyarakat umum bisa mendapatkan gambaran secara lengkap permasalahan yang sedang dihadapi dalam dunia pertambangan terkini.

Empat roadshow telah digelar dan selanjutnya akan diselenggarakan pada 17 Juni 2022 melalui webinar dengan topik Proses Industri dan Digitalisasi. Selanjutnya diadakan di Makassar 24 Juni 2022 dengan topik Eksplorasi dan Pertambangan.

Sebagai kelanjutan even kompetisi inovasi tahun sebelumnya, BIGMIND Innovation Award tahun ini mempermudah proses pengajuan karya hanya dengan menjawab pertanyaan kunci yang dapat diunduh di www.big.mind.id dan dibuka selama periode 20 Mei 2022 hingga 30 Juni 2022 mendatang.

“Mudahnya proses pengiriman karya inovasi yang tanpa biaya pendaftaran, diharapkan dapat memotivasi setiap calon inovator untuk mengirimkan ide inovasinya sebanyak mungkin tanpa mengurangi kualitas dari karya tersebut,” ujar Ratih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here