General Manager Operations PT Agincourt Resources, Rahmat Lubis, tengah berbincang dengan penerima manfaat katarak 2017, yang hadir di Pekan Informasi Kesehatan Mata di Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, Senin (12/9). (Dok: PTAR)

Batangtoru, Petrominer – Pengelola Tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources (PTAR), kembali mengadakan rangkaian Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat pra-sejahtera di Tapanuli Selatan dan Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini, yang mengusung tema “Buka Mata Lihat Indahnya Dunia,” digelar sejak bulan September ini hingga November 2022 mendatang.

Rangkaian ini dibuka dengan Pekan Informasi Kesehatan Mata dan Katarak di Sopo Daganak, Batangtoru, Senin (12/9). Dihadiri sekitar 200 orang dari berbagai unsur masyarakat, seperti Forkopimcam, kepala desa, tenaga kesehatan, dan kader posyandu.

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis, menyatakan penyelenggaraan Pekan Informasi Katarak ini diyakini mampu menjadi langkah antisipasi yang efektif untuk mengurangi kebutaan akibat katarak.

“Tahun ini, kami menggandeng Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Mencirim Tujuh Tujuh di Medan yang sudah 17 tahun berpengalaman menggelar operasi katarak,” ungkap Rahmat di sela-sela acara Pekan Informasi Kesehatan Mata. 

PTAR berharap dapat membebaskan 600 mata buta katarak selama rangkaian operasi berlangsung pada dua titik lokasi dengan pembagian operasi terjadwal setiap minggu. Jumlah itu dinilai relatif moderat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sudah terkendali.

Namun, jika antusiasme masyarakat selama rangkaian operasi katarak begitu besar, tidak tertutup kemungkinan PTAR menggelar operasi tambahan, dengan tetap memperhatikan situasi penyebaran Covid-19.

Operasi katarak di Tapanuli Selatan akan difokuskan di RS Bhayangkara di Kecamatan Batangtoru, dengan jadwal operasi 14 September, 24 September, dan 15 Oktober. Pendaftaran dan pemeriksaan mata sekaligus dapat dilakukan langsung di RS Bhayangkara setiap hari kerja.

Dari Batangtoru, operasi katarak akan dilanjutkan di Medan, tepatnya di RS Khusus Mata Mencirim Tujuh Tujuh Medan, dengan jadwal operasi pada 22 Oktober, 12 November, dan 23 November.

Ribuan Mata Katarak

Tidak tahun ini, katarak oleh PTAR telah dimulai sejak tahun 2011 lalu. Kegiatan ini terus berlanjut dari tahun ke tahun hingga tertahan beberapa tahun lantaran pandemi Covid-19.

Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono, mengatakan sejauh ini pihaknya sudah tujuh kali menggelar operasi katarak gratis. Selama itu, PTAR telah membantu kesembuhan 8.118 mata katarak, sekaligus menyokong harapan hidup 7.131 orang.

“Katarak dapat terjadi pada semua orang, termasuk bayi dan anak-anak, dan tidak terbatas pada orang dewasa saja. Kebutaan karena Katarak bisa dihindari atau disembuhkan hanya dengan operasi. Kami meyakini bahwa operasi katarak tidak sekadar membuat penglihatan seseorang menjadi jelas, melainkan mampu meningkatkan produktivitas seseorang, membuatnya mandiri dan lebih berdaya menjalani hidup, dan sehat secara emosional,” ungkap Katarina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here