Program Ekowisata Mangrove Labuhan yang digerakan oleh PHE WMO meraih penghargaan internasional di Taiwan.

Jakarta, Petrominer – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) meraih penghargaan ‘Great Practice Award’ dalam kategori Best Practice pada ajang Global Corporate Sustainable Award (GCSA) 2020. Kegiatan ini diselenggarakan Alliance for Sustainable Development Goals (ASDGs).

Menurut Corporate Secretary PHE, Whisnu Bahriansyah, penghargaan itu diberikan atas implementasi Program Ekowisata Mangrove Labuhan yang dijalankan PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO). Penghargaan tersebut juga sebagai bentuk pengakuan internasional terhadap Program CID-CSR Pertamina, khususnya bagi PHE di blok WMO.

“Penghargaan ini menjadi bukti upaya PHE dalam berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), sekaligus menjadi tantangan untuk terus berinovasi dan menebar manfaat lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Whisnu, Minggu (22/11).

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen kepada PHE yang diwakili oleh Wakil Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Teddy Surachmat, dalam acara Global Corporate Sustainability Forum di Taipei, Taiwan, Rabu (18/11).

Program Ekowisata Mangrove Labuhan dikembangkan dengan mengintegrasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sosio ekonomi dengan aspek pelestarian/konservasi lingkungan, sebagai solusi untuk menjawab permasalahan mendasar yang dialami Masyarakat Desa Labuhan terkait aspek lingkungan, sosial dan ekonomi.

Kegiatan yang dikembangkan antara lain penanaman mangrove, pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, pengembangan area konservasi mangrove, kawasan terumbu karang, serta pengembangan produk olahan pangan berbasis potensi lokal.

Sebelumnya, Desa Labuhan gersang dengan kondisi mangrove rusak parah dan kritis serta ditinggalkan sebagian besar penduduk usia produktif untuk merantau. Kini, telah bertransformasi menjadi desa ekowisata pesisir yang berwawasan lingkungan, berdaya oleh masyarakatnya sendiri serta mampu menggerakkan ekonomi lokal bagi desa-desa pesisir sekitarnya.

Program Ekowisata Mangrove Labuhan dikembangkan dengan mengintegrasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat secara sosio ekonomi dengan aspek pelestarian/konservasi lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here