Jakarta, Petrominer – PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan telah memproduksi gas dari lapangan Meliwis di Wilayah Kerja Lepas Pantai Madura, Jawa Timur. Pasokan gas ke pelanggan industri mulai mengalir, pekan lalu, Senin (13/7).

CEO MedcoEnergi, Roberto Lorato, menyatakan sangat senang dengan produksi perdana terebut. Terlepas dari tantangan logistik dan operasional yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, MedcoEnergi mampu menyelesaikan pengembangan lapangan Meliwis dengan aman, dan dalam jangka waktu empat tahun sejak lapangan ditemukan.

“Ini merupakan bukti kemampuan MedcoEnergi dalam menjalankan operasi dan komitmen berkelanjutan terhadap semua pemangku kepentingan,” ujar Roberto, Senin (20/7).

Sumur Meliwis ditemukan tahun 2016 dalam formasi Mundu. Lapangan ini dikembangkan melalui platform tak berawak. Selanjutnya, melalui pipa bawah laut sepanjang 11 km, gas dialirkan ke Maleo Platform untuk memasok hingga 20 MMCFD ke industri dalam negeri di Jawa Timur.

Produksi perdana gas dari lapangan Meliwis sesuai dengan perkiraan sebelumnya, yakni Kuartal 3 tahun 2020. Lapangan gas ini berada di blok Madura Offshore yang dikelola oleh Ophir Indonesia, anak usaha MedcoEnergi. Dari blok migas ini, gas juga sudah mengalir dari lapangan Maleo dan Peluang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here