Bekasi, Petrominer – Setelah ke Bogor dan Garut, kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penyalaan listrik sejumlah rumah warga di Marga Jaya, Bekasi, Jawa Barat, Jum’at (25/1). Selain menyalakan listrik Jokowi juga menyerahkan secara simbolis sertifikat sambung listrik gratis program dari sinergi BUMN.

Sambungan listrik gratis sumbangan atau sinergi BUMN di Bekasi itu merupakan program kelanjutan yang telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Sinergi dari 34 BUMN ini telah berhasil memberikan sambungan listrik gratis untuk 100.970 rumah warga di Jawa Barat.

Lihat juga: 100 Ribu Sambungan Listrik Gratis Untuk Warga Jawa Barat

Untuk tahun 2019, sambungan listrik gratis juga dilakukan di Bekasi. Dimulai sejak minggu lalu, PT PLN (Persero) bersama enam BUMN Karya telah merealisasikan sebanyak 317 sambungan listrik gratis di Kabupaten dan Kota Bekasi.

Secara keseluruhan target sambung listrik gratis di kota dan kabupaten Bekasi pada bulan Pebruari 2019 sebanyak 4800 sambungan listrik gratis. Dan di bulan Maret 2019, target realisasi sebanyak 11.000 sambungan.

Dalam pelaksanaan program ini, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA. Daya 450 VA tersebut cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi, dan menyalakan lampu.

Untuk biaya, PLN dan Asosiasi Instalatir memberikan keringanan Biaya Penyambungan dan Pemasangan Instalasi sebesar 50 persen, sehingga biaya yang perlu dibayar oleh Sinergi BUMN hanya sebesar Rp 500.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here