PLTS Towada berkapasitas 18 MW di Perfektur Aomori, Jepang.

Tokyo, Petrominer – Vena Energy menyatakan telah menyelesaikan operasional komersial Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Towada 18 megawatt (MW) pada Nopember 2019 lalu. Dengan kapasitas produksi hingga 19.704 MW jam per tahun, PLTS ini didukung oleh 46.424 modul fotovoltaik dengan kapasitas masing-masing 395 watt peak (Wp).

Pembangkit listrik tersebut berdiri di area seluas 28,53 hektar dan berlokasi di kota Towada, Prefektur Aomori, Jepang. Selanjutnya, PLTS Towada akan dioperasikan oleh anak usaha vena Energy yang berkedudukan di kota Shichinohe, Nippon Renewable Energy Operations (NREO).

“Proyek PLTS Towada adalah proyek ke-10 kami di Prefektur Aomori. Pembangkit ini menambah total kapasitas operasional kami menjadi 342 MW dari 19 proyek energi baru terbarukan (EBT) di seluruh Jepang,” ujar Kepala Vena Energy Jepang, Juan Mas Valor, dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Senin (2/12).

Pengoperasian PLTS Towada, jelas Juan, sejalan dengan kebijakan Pemerintah Jepang yang belum lama ini diluncurkan, yakni Strategic Energy Plan (SEP) dan Longterm, Strategy for Decarbonisation (LTSD). “Kami berkomitmen untuk memfasilitasi transisi Jepang ke EBT pada tahun 2050 mendatang.”

Pembangungan PLTS Towada dimulai pada Mei 2018, dan pada puncaknya, proyek ini menciptakan 146 pekerjaan di Prefektur Aomori. Saat Commercial Operation Date (COD), PLTS Towada memasok energi bersih dan ramah lingkungan ke sekitar 3.735 rumah tangga per tahun. Pasokan ini mengurangi 10.857 ton emisi gas rumah kaca dan 74.852 liter air setiap tahun.

Vena Energy adalah salah satu produsen listrik swasta (Independent Power Producers/IPP) terbesar di Asia Pasifik, dengan kapasitas lebih dari 11.000 MW baik yang sudah operasi, masa konstruksi dan pengembangan. Selain di Jepang, perusahaan yang berkantor pusat di Singapura ini juga berinvestasi di Korea Selatan, Taiwan, Thailand, India, Australia, Indonesia dan Filipina.

Vena Energy mengelola pengembangan, desain, pengadaan, manajemen konstruksi, dan operasi semua proyek tenaga surya dan angin. Perusahaan ini juga berkomitmen untuk melibatkan masyarakat lokal di seluruh proyek investasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here