Lhokseumawe, Petrominer — Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun 184 Mega Watt (MW). Pembangkit listrik ini, yang berlokasi di Desa Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, akan memasok lebih dari 50 persen kebutuhan daya listrik di Provisin Aceh.

Presiden Jokowi mengatakan pembangunan PLTMG ini untuk mempercepat kekurangan listrik di daerah, sebab bisa dibangun dalam waktu cepat, yakni sekitar tiga bulan untuk konstruksi dan mesinnya enam bulan. Dibandingkan membangun pembangkit berbahan bakar batu bara yang membutuhkan waktu 4-5 tahun.

“Memang dengan gas agak sedikit mahal dari batubara tetapi karena kecepatannya maka harus diputuskan membangun PLTMG ini,” ujar Presiden saat meresmikan PLTMG Arun, Kamis (2/6).

Presiden hadir bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Provinsi Aceh Zaini Abdullah dan didampingi Direktur Utama PLN Sofyan Basir. Dalam sambutannya itu, Presiden juga menyampaikan bahwa dalam setiap kunjungan ke daerah-daerah, masyarakat selalu mengeluh listriknya byar pet.

Presiden berharap, beroperasinya PLTMG Arun dapat mendongkrak iklim investasi di Aceh dan Lhokseumawe khususnya. Menurut Presiden, nantinya PT PLN (Persero) akan menambah lagi kemampuan PLTMG Arun menjadi sebesar 250 MW (ekspansi).

Menurut Direktur Utama PLN Sofyan Basir, PLTMG Arun ini merupakan salah satu pembangkit terbesar di Sumatera dan telah beroperasi secara penuh sejak 21 Desember 2015.

Selain membangun pembangkit listrik, pada tahun 2016, PLN akan menyelesaikan Tol Listrik Bertegangan 275 kiloVolt sepanjang 2.000 km dari Lahat Sumatera Selatan sampai Sarula Sumatera Utara. Infrastruktur ini akan meningkatkan kecukupan listrik di Aceh dan Sumatera Utara.

Saat ini, daya mampu sistem Aceh sebesar 384 MW, beban puncak tertinggi sebesar 340 MW, sedangkan beban puncak sistem transmisi Aceh sebesar 321 MW. Salah satu hal positif untuk daerah Lhokseumawe dengan adanya PLTMG Arun adalah mampu mendukung sistem kelistrikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe dan juga menambah kehandalan pasokan listrik di daerah Lhokseumawe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here