Penandatanganan MoU oleh General Manager PLN UIWRKR, Dispriansyah, dan Presiden Direktur PHR, RP Yudantoro, disaksikan Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, dan CEO PHE, Budiman Parhusip.

Jakarta, Petrominer – PT PLN (Persero) akan memasok keandalan listrik dan uap untuk wilayah kerja (blok) Rokan di Riau pasca alih kelola. Blok migas ini akan dikelola oleh Pertamina Hulu Rokan mulai 9 Agustus 2021 mendatang. Kepastian ini dituangkan dalam nota kesepahaman tentang Kerja Sama Penyediaan Tenaga Listrik dan Uap untuk Wilayah Kerja Rokan antara PLN dan Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“SKK Migas sangat mengapresiasi kerjasama antara PLN dan PHR dalam MoU ini dan akan siap membantu ke depannya mengingat produksi Wilayah Kerja Rokan sangat besar manfaatnya bagi negeri,” jelas Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jaffee Suardin, Rabu (30/12).

Berprinsip saling memberikan manfaat, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, menyatakan bahwa PLN senantiasa menyambut baik tiap sinergitas, baik lintas Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun Lembaga.

Bob Saril juga menegaskan kesiapan PLN dalam menjalankan kepercayaan Pemerintah dan Pertamina. Ini dilakukan untuk memastikan pasokan listrik dan uap yang cukup dan handal demi menjaga kegiatan produksi pada Wilayah Kerja Rokan.

“Dalam MOU ini, masa layanan PLN dibagi menjadi dua, yaitu Masa Transisi hanya selama tiga tahun yang dimulai dari 9 Agustus 2021 sampai 8 Agustus 2024. Dan Layanan Permanen yang di mulai sejak tanggal 8 Agustus 2024 dengan menginterkoneksikan sistem pada Wilayah Kerja Rokan dengan Sistem Sumatera,” ungkapnya.

Menurutnya, masa transisi tiga tahun akan dioptimalkan PLN dengan melakukan pembangunan interkoneksi sistem sumatera untuk menggantikan pasokan transisi dan meningkatkan kapasitas pasokan ke pertamina hulu rokan.

Sementara CEO Pertamina Hulu Energi, Budiman Parhusip mengungkapkan apresiasinya atas sinergitas dan kesiapan PLN dalam penyediaan tenaga listrik dan uap untuk wilayah kerja rokan.

“Pengelolaan wilayah rokan ini sangat penting bagi kenahanan energi nasional, kami sangat mengharapkan akan penyediaan listrik dan uap dari PLN karena sangat kritikal bagi operasional Wilayah Kerja Rokan kelak,” ujar Budiman.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here