Pemberian tegangan atau energizing pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GI Marisa - GI Biomasa dilakukan akhir Mei 2022 lalu.

Pahuwato, Petrominer – PT PLN (Persero) berhasil merampungkan jaringan listrik di wilayah Provinsi Gorontalo. Pemberian tegangan atau energizing pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GI Marisa-GI Biomasa sepanjang 80,59 kilometer sirkuit (kms) ini guna meningkatkan kehandalan listrik di wilayah tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi, Defiar Anis, menjelaskan bahwa PLN UIP Sulawesi melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut) berhasil melakukan pemberian tegangan untuk Sirkit 1 yang terbentang mulai dari Kecamatan Marisa sampai dengan Kecamatan Popayato.

“Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan. Pembangunan SUTT 150 kV GI Marisa-GI Biomasa merupakan bagian dari Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) SUTT 150 kV Marisa–Moutong. Infrastruktur ini berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 13 bulan dihitung sejak dilakukannya Kick Off Meeting,” ungkap Defiar, Rabu (8/6).

Pembangunan SUTT 150 kV GI Marisa-GI Biomasa terbagi atas tiga section yaitu, pekerjaan SUTT 150 kV Marisa–Moutong (Section 1), SUTT 150 kV Marisa–Moutong (Section 2), dan SUTT 150 kV Pelanggan–Incomer (Marisa-Moutong). Total jumlah tower mencapai 244 tower.

“SUTT 150 kV Marisa-Moutong merupakan bagian dari pembangunan yang akan menyatukan sistem kelistrikan di Sulawesi. Dengan infrastruktur ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri, menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian nasional khususnya di Gorontalo,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here