Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhamad Ali, memaparkan materi bertema Future Electricity Through Human Capital Readiness di Universitas Airlangga, Rabu (13/3).

Surabaya, Petrominer – PT PLN (Persero) kembali membuka rekrutmen tingkat S1/D4 dan D3 dengan lokasi tes di Surabaya. Rekrutmen tersebut dikemas dalam acara Airlangga Carreer Fair di Kampus C Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, pada 13-14 Maret 2019.

Program rekrutmen untuk mendapatkan talenta terbaik ini membidik para milenial. Acara dibuka oleh Rektor UNAIR, Muhammad Nasih, dan Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali

Dalam acara ini, PLN kembali menyajikan program Employer Branding, sebuah program dimana para milenial PLN berbagi pengalaman dalam membangun Indonesia, mulai dari bekerja kantoran hingga aktifitas sosial melalui program CSR PLN dan employee volunter program.

PLN juga membuka booth untuk mempromosikan rekrutmen, membantu para talenta unggulan untuk mendaftar langsung sekaligus memperkenalkan proses bisnis di PLN.

Dalam sambutannya, Ali yang tampil dengan gaya bahasa milenial memperkenalkan diri sebagai Casting Director dalam PLN Casting Program. Program ini, menurutnya, sebagai salah satu upaya menghimpun talenta terbaik Indonesia untuk tampil di panggung nasional dan global bersama PLN.

“Kami memilih istilah casting program dan bukan rekrutmen pegawai, karena PLN selalu menghadirkan PERUBAHAN sesuai kebutuhan zaman. Di era milenial ini, rekrutmen terdengar konvensional dan berkonotasi sebagai bekerja secara konvensional mendapatkan penghasilan semata,“ jelas Ali.

Selanjutnya, dalam paparannya mengenai Future electricity through Human Capital Readiness, dia menjelaskan bahwa perusahaan terbaik bagi karir masa depan para talenta unggulan adalah di PLN. Pasalnya, listrik akan semakin dibutuhkan di masa depan seiring dengan perkembangan teknologi.

“Listrik akan semakin dibutuhkan di masa depan. Seiring dengan perkembangan teknologi, segala kebutuhan kita didukung juga oleh listrik. Misalnya, kompor induksi dan kendaraan listrik. Negara maju pun sudah mulai beralih dari perangkat berenergi fosil ke perangkat berenergi listrik. Oleh karena itu, PLN menjadi sarana yang tepat dalam menyongsong masa depan,” papar Ali.

Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhamad Ali, menerima cinderamata dari Rektor Universitas Airlangga, Muhammad Nasih.

Dijelaskan juga bahwa keberadaan energi listrik menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat ini dan diperkirakan akan berlangsung bahkan puluhan tahun ke depan. Tidak hanya untuk rumah tangga, energi listrik kerap diaplikasikan pada berbagai bangunan hotel dan apartemen yang berkembang pesat. Listrik juga diperlukan untuk mendukung infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan, kendaraan listrik, kereta api listrik, dan kereta ringan sampai kereta moda raya transportasi (Mass Rapid Transit/MRT).

“Tidak hanya menjual listrik, kami juga berinovasi dengan produksi power bank express power service PLN, SPLU (Sistem Penyedia Listrik Umum) yang saat ini manfaatnya dirasakan pengusaha mikro, kecil, dan menengah, termasuk juga sudah mengantisipasi kebutuhan untuk kendaraan listrik, dan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap,” jelas Ali.

Dia juga berharap para generasi milennial terbaik dan terpilih yang mengikuti acara job fair dapat bergabung bersama PLN, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang menggerakkan roda perekonomian bangsa.

“Bekerja di tempat kami berarti turut menjaga komitmen dan menciptakan kondisi listrik nasional secara efisien dan kondusif. Para talenta milenial PLN berbagi cerita bagaimana pekerjaan melistriki Nusantara sangat berpengaruh terhadap hajat hidup masyarakat banyak,” kata Ali.

Hal senada juga disampaikan oleh Vice President Expert Development & PLN Group, Agung Siswanto. Dia menjelaskan besarnya kesempatan para milenial untuk berkarir di PLN.

“PLN tidak kenal karir mentok karena jumlah anak usahanya ada banyak (ada 11) dan membutuhkan berbagai bidang ilmu, tidak hanya teknik. Anda bisa ditugaskan di mana saja dengan peluang karir sangat besar,” jelas Agung.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa PLN memiliki budaya perusahaan yang kuat dan terus menerus dibangun.

“Bekerja di PLN sangat kompetitif. Jika budaya kerja Anda baik, saya pastikan karir para generasi milenial akan sangat cerah di PLN,” tegas Agung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here