Jakarta, Petrominer — Hujan deras yang mengguyur Kota Jakarta sejak Rabu malam telah menyebabkan beberapa daerah di wilayah Jakarta tergenang air. Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya telah memutus aliran listrik dengan memadamkan gardu Distribusi.

Menurut Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jakarta Raya, Mambang Hertadi, ada beberapa kondisi yang mengharuskan PLN memadamkan aliran listrik demi keamanan.

  1. Gardu Distribusi tergenang air
  2. Wilayah perumahan pelanggan tergenang air
  3. Gardu dan perumahan pelanggan tergenang air
  4. Gardu induk tergenang air

Hingga Kamis siang (21/4), ada 39 gardu padam akibat banjir yang tersebar di wilayah Lenteng Agung, Jatinegara, Kampung Dukuh, Cijantung, Ciracas, Jati Rasa, Pondok Gede, Bojong Kulur, Pondok Kopi, Jati Asih, Cengkareng, Bulungan, Pondok Kopi, dan sekitarnya.

“PLN akan menormalkan listrik kembali apabila instalasi di sisi PLN maupun pelanggan sudah benar-benar kering dan siap,” ujar Mambang.

Di sisi PLN, gardu akan dibersihkan dan dilakukan revisi terlebih dahulu. Di sisi pelanggan, mohon untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering, jangan sampai air masih menempel.

“Jadi setelah air surut tidak serta merta listrik akan menyala, perlu waktu untuk memastikan semua siap. Hal ini demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri,” paparnya.

Mambang juga menjelaskan bahwa informasi pemadaman, baik akibat banjir, pemeliharaan, ataupun gangguan juga dapat diakses melalui http://pelita.plnjaya.co.id/pelita/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here