Jakarta, Petrominer – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) meraih penghargaan sebagai salah satu The Best Companies to Work For in Asia dalam ajang HR Asia Award yang diselenggarakan oleh HRASIA Media, salah satu media terpercaya di bidang HR Profesional di Asia.

Pada ajang ini, PGN berhasil menyisihkan ratusan perusahaan dari Indonesia dan 10 negara terkemuka di Asia yakni Hongkong, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Thailand, China, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Kamboja.

PGN memenuhi kriteria dari metode Survey Total Engangement Assessment Model (TEAM) dengan aspek Core (Collective Organization for Real Engangement), Self (Hearth, Mind, and Soul), dan Group (Think, Feel, and Do). Survei dilakukan dengan mengikutsertakan pekerja PGN mulai dari Pekerja Senior (lebih dari 5 tahun masa kerja) dan Pekerja Junior (kurang dari 5 tahun masa kerja).

“Bagi PGN, keikutsertaan pada event ini sekaligus menjadi kesempatan untuk benchmarking tingkat employee engangement dengan perusahaan lain di Indonesia dan Asia. Sekaligus meningkatkan employer branding PGN di tingkat Asia. Khususnya dalam pengelolaan Human Capital,” jelas Direktur SDM dan Umum PGN, Beni Syarif Hidayat, Selasa (27/10).

Beni mengungkapkan, tingkat employee engangement di PGN tahun 2020 memiliki nilai rata-rata sebesar 4,25. Ini berada di atas rata-rata industri lainnya yang sebesar 3,63. Dengan nilai tersebut, PGN ditempatkan sebagai salah satu Best Companies to Work for in Asia beserta beberapa perusahaan lain di Indonesia.

“Untuk penilaian dengan nilai tinggi, didapatkan dari parameter-parameter yakni PGN telah memiliki kebijakan-kebijakan yang mendorong pekerja untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Selain itu, dari pekerja PGN sendiri, mereka memberikan kontribusi dan dedikasi terbaiknya terhadap perusahaan, dan pekerja juga bersedia saling membantu dalam melaksanakan pekerjaan,” jelasnya.

Beni menambahkan, PGN memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh pekerja untuk meningkatkan kompetensinya melalui program-program pengembangan dan pelatihan, termasuk sertifikasi, pelatihan inhouse, public training, maupun sharing knowledge.

PGN terus meningkatkan program pengembangan pekerja secara komprehensif dan konsisten, sehingga setiap pekerja PGN memiliki kompetensi dan dapat bekerja secara profesional. Kemudian muaranya akan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan bisnis perusahaan.

Di masa pandemi saat ini, yang meminimalkan pertemuan langsung, PGN melaksanakan kegiatan knowledge management berbasis online untuk mengasah pengetahuan seluruh pekerja. Program-program yang dilaksanakan antara lain Webminar Series, Gas Talk series, i-Know, KMOnline, Knowledge Credit Point dan e-Library.

“Pada level manajeman, PGN menyelenggarakan program STAR yaitu Executive Development Program (EDP) dan Management Development Program (MDP) bagi pekerja talent perusahaan, mulai dari level supervisor sampai manajer. Program ini difokuskan untuk mempersiapkan pemimpin PGN dan meningkatkan kompetensi berupa kemampuan interpersonal, leadership dan bisnis,” jelas Beni.

Menurutnya, penghargaan bergengsi di tingkat Asia ini juga merupakan proses dari transformasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh PGN Grup, sebagai Subholding Gas. Dengan demikian, penghargaan ini dapat memacu PGN untuk senantiasa meningkatkan Total Employee Engangement dan kualitas SDM.

Beni menegaskan, SDM merupakan aset yang penting bagi PGN dalam mencapai visi misi dan tujuan Perusahaan. PGN Grup berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan mendukung pekerja untuk mencapai potensi terbaik, serta menciptakan kesejahteraan pekerja.

Secara berkelanjutan, PGN senantiasa meningkatkan kualitas SDM untuk mencapai potensi tertinggi dalam menopang peran perusahaan sebagai Subholding gas. Semangat ini bertujuan menguatkan peran perusahaan dalam memberikan energi baik untuk kebaikan seluruh pekerja dan perusahaan, sehingga dapat berkontribusi dalam menguatkan sendi-sendi perekonomian nasional melalui pemanfaatan gas bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here