Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso Soewarto.

Jakarta, Petrominer – Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN), Gigih Prakoso, menyatakan pihaknya akan segera melakukan optimalisasi bisnis Liquefied Natural Gas (LNG) untuk pasar internasional. Langkah optimalisasi ini akan menyasar beberapa negara sampai Eropa.

“Mulai tahun ini, PT Pertamina (Persero) akan mengalihkan semua bisnis LNG-nya untuk dikelola PGN. Selanjutnya, PGN akan segera mencari pasar di dalam maupun di luar negeri,” jelas Gigih dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (10/2).

Dia menjelaskan, PGN telah mendapat akses untuk mengembangkan jaringan bisnis perdagangan atau trading LNG. Saat ini, PGN tengah melakukan koordinasi dan konsultasi untuk menjalan bisnis bersama-sama dan secara operasional fokus memasarkan LNG tersebut.

Lebih lanjut, Gigih menjelaskan bahwa potensi permintaan pasar LNG di Eropa mencapai 1-2 kargo tahun 2020. Begitu pula pasar di Jepang, ada potensi permintaan 1-2 kargon sampai akhir tahun ini. Sementara China berpotensi 6-7 kargo per tahun.

“PGN siap masuk ke pasar LNG Eropa pada tahun 2020 ini. Negara lain yang dibidik adalah Jepang,” jelasnya.

PGN juga akan masuk ke pasar gas alam cair di Myanmar dengan potensi permintaan 0,5 mtpa atau 9 kargo per tahun yang akan di mulai pada 2021. Selain itu, potensi permintaan datang untuk pasar LNG di Filipina dengan potensi 18 kargo per tahun.

Dalam kesempatan itu, Gigih minta dukungan dari Komisi VII DPR untuk mendukung monetisasi lapangan gas bumi di dalam negeri dan melakukan optimalisasi portofolio LNG. Dukungan yang diperlukan adalah peran sebagai LNG seller representatives untuk memasarkan gas dari sumber-sumber hulu domestik dan dipercaya sebagai bidder untuk proses-proses tender spot LNG tujuan ekspor yang dijalankan oleh KKKS.

Selain itu, PGN mengharapkan dapat menjalankan bisnis LNG domestik dan inisiasi internasional sebagai global LNG player.

“Kami harapkan Komisi VII memberikan dukungan dalam menjaga kinerja keuangan melalui margin usaha yang wajar,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here