PGN baru saja melaksanakan Gas In pada salah satu UMKM di Dumai yang sudah berdiri selama 22 tahun, yaitu Rumah Makan Fitria Sari. UMKM ini memilih gas bumi karena alasan ekonomis dan praktis.

Jakarta, Petrominer – Sebagai subholding gas, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berkomitmen menyalurkan gas bumi untuk mendorong geliat perekonomian di berbagai daerah. Memasuki Triwulan IV-2020, PGN menambah sejumlah pelanggan baru, termasuk usaha kecil hingga menengah.

Sekretaris Perusaaan PGN, Rachmat Hutama, menjelaskan bahwa PGN telah melaksanakan Gas In atau penyaluran gas pertama kali ke pelanggan baru di Dumai, Batam, dan Palembang. Pelanggan baru ini bergerak di sektor kuliner dan jasa penginapan (hotel).

“Dengan penambahan pelanggan komersial, menunjukkan bahwa perekonomian sudah mulai bergeliat kembali di masa pandemi Covid-19,” ujar Rachmat, Selasa (3/11).

Dengan performa gas yang mengalir 24 jam dan harganya yang lebih terjangkau, menurutnya, akan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya. Hal inilah yang membuat PGN kian optimis untuk mengembangkan infrastruktur agar manfaat baik gas bumi dapat semakin dirasakan secara luas.

“PGN berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk meningkatkan kemampuan pelanggan di sektor usaha kecil maupun menengah di berbagai wilayah agar dapat mandiri dan berdaya saing. Dengan efisiensi biaya energi, akan dapat menunjang peningkatan produksi, pengembangan usaha, dan menyerap lebih banyak tenaga kerja. Dengan demikian, diharapkan mampu menunjang pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan,” tegas Rachmat.

Usaha Kuliner

Di Kota Dumai, PGN melaksanakan Gas In pada salah satu UMKM yang sudah berdiri selama 22 tahun, yaitu Rumah Makan Fitria Sari. UMKM ini memilih gas bumi karena alasan ekonomis dan praktis.

Saddam Ramon, pengelola Rumah Makan Fitria Sari, mengungkapkan bahwa dalam sebulan diperkirakan biaya yang dikeluarkan menjadi sekitar Rp 8,5 juta. Ini artinya, ada penghematan lebih dari 33 persen.

Dia mengatakan, pertimbangan memilih gas bumi karena harganya yang ekonomis. Faktor lainnya adalah segi keamanan dan kepraktisan yang bisa digunakan, karena gas mengalir 24 jam tanpa khawatir.

“Rumah Makan Fitria Sari merupakan Pelanggan Komersial pertama PGN di Kota Dumai dan Provinsi Riau. Pelanggan UMKM di Kota Dumai diharapkan bisa bertambah dalam menggunakan gas PGN. Dengan begitu, UMKM mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya, karena menggunakan gas bisa menekan biaya produksi dan keuntungan lainnya,” ujar Sales Area Head Dumai, Arief Nurrachman, Selasa (3/11).

Arief mengungkapkan, Rumah Makan Fitria Sari berencana akan mengembangkan pelayanan kepada pelanggannya. Diharapkan, dengan menggunakan Energi Baik gas bumi, PGN dapat lebih memuluskan rencana tersebut.

Selain di Dumai, ada juga tambahan dua pelanggan baru di area Batam, yakni Blue Fire dan Port House yang berlokasi di New Harbour Bay Reklamasi. Kedua tempat kuliner ini menjadi tempat favorit, khususnya anak-anak muda.

“PGN baru menyelesaikan jaringan di kawasan itu dan alhamdulillah mampu menarik calon pelanggan. Efek safety dan efisien menjadi pertimbangan utama mereka untuk beralih menggunakan gas PGN. Estimasi penghematan yang bisa didapatkan sekitar dua sampai tiga juta per bulan,” ujar Sales Area Head Batam, Wendi Purwanto.

Selanjutnya di wilayah Palembang, terdapat penambahan pelanggan baru yakni RM Soponyono, Restoran Letkis’s, dan Hotel Classie.

Sales Area Head Palembang, Agus Muhammad Mirza, menjelaskan bahwa untuk kedua restoran tersebut tergolong sebagai Pelanggan Kecil 2 dengan estimasi pemakaian 50 – 1.000 m3 per bulan. Sedangkan, Hotel Classie tergolong sebagai pelanggan Bronze 1 dengan estimasi pemakaian sekitar 1000 – 10.000 m3 per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here