Pertamina SMEXPO 2020 memberikan harapan besar akan kebangkitan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Jakarta, Petrominer – Perhelatan Pertamina SMEXPO 2020 telah berakhir. Kegiatan yang digelar selama tiga hari pada 9-11 September 2020 ini menghadirkan 1.780 produk UMKM dari 100 mitra binaan Pertamina yang terpilih. Tidak hanya itu, kegiatan secara daring ini bukan hanya menarik pengunjung dalam negeri tetapi juga menarik minat para pengunjung dari mancanegara.

“Tak tanggung-tanggung, tercatat ada 28 negara asing yang mengunjungi Pertamina SMEXPO 2020, dan terbesar berasal dari USA,” ujar Vice President Corporate Communication, Pertamina Fajriyah Usman, Jum’at (11/9).

Menurut Fajriyah, lebih 50 persen pengunjung dari luar negeri berasal dari USA, disusul kemudian dari Singapore, Malaysia, Australia, Belanda, Saudi Arabia, Taiwan dan Jepang. Jadi lengkap hampir dari seluruh benua yang datang mengunjungi Pertamina SMEXPO 2020.

Dia mengatakan Pertamina SMEXPO 2020 merupakan event penting bagi pelaku UMKM untuk saling berbagi pengalaman dan sekaligus mempromosikan produk unggulannya agar memiliki pasar luas di mancanegara.

“Pertamina terus mendorong pelaku UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan pandemi Covid-19 bahkan bisa lebih maju lagi dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang trend,” ujar Fajriyah.

Tidak hanya itu, penyelenggaran Pertamina SMEXPO 2020 mendapat penghargaan Rekor MURI sebagai Expo UMKM Secara Daring dengan Produk Terbanyak. Hal ini tentunya menggugah Menteri BUMN Erick Tohir untuk memberi apreasiasi secara langsung terhadap acara tersebut.

Menurut Erick, apresiasi terhadap acara ini diberikan karena UMKM merupakan bagian yang sangat penting dari ekonomi nasional.

“Kita harus membantu dan dukung penuh UMKM agar tetap survive dan bangkit. Acara ini memberikan motivasi kepada mereka untuk tetap optimis agar bertahan dalam kondisi apapun. Dari sini UMKM juga belajar agar kita bisa adaptasi dan menyesuaikan pola bisnis di new normal,” ujarnya dalam penutupan Pertamina SMEXPO 2020.

Terkait dengan Rekor MURI, pendiri Museum Rekor Indonesia Jaya Suprana menyampaikan, bahwa acara ini menunjukkan perhatian Pertamina yang sangat besar terhadap kalangan UMKM.

“Kami mengucapkan terimakasih Pertamina, yang telah menampilkan lebih dari 1.700 produk UMKM. Sangat mengagumkan dan mengharumkan, ini merupakan perhatian besar Pertamina kepada UMKM. Maka dengan bangga kami membacakan piagam penghargaan MURI menganugerahkan Expo UMKM secara Daring dengan Produk Terbanyak dianugerahkan kepada PT Pertamina (Persero),” kata Jaya Suprana.

Penyelenggaran Pertamina SMEXPO 2020 mendapat penghargaan Rekor MURI sebagai Expo UMKM Secara Daring dengan Produk Terbanyak.

Selama penyelenggaraan tiga hari, Pertamina SMEXPO 2020 menghadirkan 1.780 produk UMKM dari 100 mitra binaan Pertamina yang terpilih. Produk yang ditampilkan sangat beragam mulai dari fashion, kuliner, agrobisnis hingga kerajinan tangan. Bukan sekedar pameran, acara ini juga dilengkapi dengan coaching clinic, business forum, fashion show, games hingga artist performance yang semuanya dilaksanakan secara virtual.

Sebagai kelanjutan dari acara ini, masyarakat tetap dapat berbelanja produk mitra binaan Pertamina melalui web http://www.pertaminasmexpo.com. Pertamina juga secara berkelanjutan mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas bisnisnya untuk menjadi mitra binaan Pertamina. Silakan klik https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan dan ikuti prosedurnya. Banyak peluang yang bisa didapatkan menjadi mitra binaan, sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi pelaku UMKM yang tangguh dan mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here