(Petrominer/Fachry Latief)

Jakarta, Petrominer – Setelah menuai hasil positif dengan implementasi program pencampuran Biodiesel ke solar sebesar 20 persen atau program B20, PT Pertamina (Persero) kini ikut mendukung uji coba (Road Test) penggunaan bahan bakar B30. Road Test B30 dengan target tempuh 40.000 dan 50.000 km ini untuk membuktikan bahwa penggunaan B30 pada mesin diesel tidak mempengaruhi kinerja mesin.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan, sebagai pemegang mandat pemerintah terkait program Biodiesel, Pertamina secara aktif mendukng penuh pelaksanaan Road Test B30 dengan menyediakan produk solar sejumlah 66,5 kilo liter (KL). Tidak hanya itu, Pertamina juga turut aktif mensosialisasikan program biodiesel tersebut.

“Infrastruktur Pertamina telah sanggup untuk melayani penyaluran B20 ke masyarakat, sementara untuk penyaluran B30 masih dlbutuhkan beberapa upgrading,” ujar Fajriyah di sela-sela peluncuran Road Test B30 di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis (13/6).

Saat ini, jelasnya, Pertamina memiliki 111 Terminal BBM yang siap untuk mendistribusikan B20. Sedangkan titik pencampuran FAME dilaksanakan di 29 titik pencampuran yaitu 26 TBBM dan 3 kilang.

Fajriyah menambahkan, realisasi penyaluran B20 pada tahun 2018 sebesar 16 juta KL serta realisasi penyerapan FAME pada tahun 2018 sebesar 3,2 juta KL.

Dukungan penuh Pertamina terhadap program biodiesel semakin lengkap melalui pelumas terbaru untuk mesin kendaraan berbahan bakar biodiesel, Meditran SX Bio. Produk ini di design untuk bekerja dengan Bio Diesel dari B5 hingga B50 dan diperuntukan bagi mesin diesel tugas berat (Heavy Duty Diesel Engine).

“Pertamina juga menyiapkan produk pelumas khusus untuk kendaraan yang menggunakan biodiesel (B5 – B50) yaitu Meditran SX Bio 15W-40,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here