Surabaya, Petrominer – Selangkah lagi, PT Pertamina (Persero) punya sumber daya manusia berkelas dunia dalam pengelolaan bahan bakar penerbangan. Pasalnya, perusahaan ini telah memiliki pusat pelatihan untuk menghasilkan SDM tersebut sebagai milestone menuju world class energy company.

Kamis kemarin (24/1), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini meresmikan Pertamina Aviation Academy Training Center (PAV Academy) yang berlokasi di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pengembangan SDM ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemenuhan delapan Prioritas World Class.

“Ini merupakan upaya Pertamina untuk mewujudkan visi menjadi World Class National Energy Company yang dilakukan dengan upaya improvement secara menyeluruh, salah satunya termasuk dari segi Human Capital Readiness,” ujar Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, usai meresmikan PAV Academy.

PAV Academy dikelola oleh anak perusahaan Pertamina, yakni Pertamina Corporate University. Pusat pelatihan ini bertugas untuk menyelenggarakan program pelatihan bagi pekerja yang melakukan pengelolaan bisnis bahan bakar penerbangan seperti storage & refueling training, aviation maintenance training, audit & inspection training, serta aviation fuel business training. Nantinya, pelatihan tersebut akan dirangkum dalam modul training internal Pertamina Aviation Academy bernama Pertamina Aviation Competence & Education (PACE).

Selain modul, pelatihan tersebut didukung dengan tenaga instruktur yang profesional dan tersertifikasi, serta ruang training dan ruang praktikum yang memiliki fasilitas lengkap. Selain itu, Pertamina Aviation Academy dapat memaksimalkan fasilitas yang dimiliki DPPU Juanda seperti tangki timbun, pompa produk, sistem hydrant, dan kendaraan pengisian sehingga dapat mensimulasikan kondisi kerja yang sebenarnya.

“Pertamina Aviation Academy merupakan wujud keseriusan Pertamina dalam mengembangkan pekerjanya agar memiliki technical competence yang baik, sejalan dengan 8 prioritas World Class Pertamina yang telah dicanangkan, yaitu elemen Human Capital Development,” ujar Trikora Putra, yang biasa disapa Tiko.

Sebelumnya, pusat pelatihan ini telah melakukan pelatihan dan sertifikasi pekerja sejak tahun 2009. Peresmian gedung training center beserta dengan program training yang baru tersebut menandakan adanya strategi perusahaan untuk dapat berkelanjutan. Pelatihan-pelatihan di Pertamina juga akan senantiasa didorong dengan pelaksanaan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement).

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, membubuhkan tandatangan prasasti peresmian PAV Academy di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (24/1).

“Hari ini (Peresmian Pertamina Aviation Academy) merupakan loncatan besar kedua Pertamina dalam membangun SDM pengelola bahan bakar penerbangan. Semua demi service excellent kepada pelanggan. Pertamina berkomitmen penuh untuk menyediakan bahan bakar penerbangan dengan kualitas yang baik dan ikut serta dalam memastikan keselamatan penerbangan,” jelas Vice President Aviation Pertamina, Agus Maulana.

Menurut Agus, Pertamina telah berkontribusi dalam menyediakan bahan bahan bakar penerbangan di 66 bandara di Indonesia sekaligus menjadi pemasar bahan bakar penerbangan di 80 bandara di seluruh dunia. Pertamina berkomitmen menyediakan bahan bakar berkualitas baik untuk mendukung tumbuhnya industri penerbangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here