Cepu Field akan terus melakukan upaya hingga kondisi area tanah kembali bisa ditanami usai terjadi kebocoran pipa minyak di Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora.

Blora, Petrominer – Pertamina Subholding Upstream Regional 4 Cepu Field terus berupaya menyelesaikan dampak kebocoran pipa minyak yang terjadi di wilayah Desa Sambong, Kecamatan Sambong, Blora, Jawa Tengah. Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaen Blora, Cepu Field melakukan penanganan cairan minyak yang tergenang.

Cepu Field Manager, Agung Wibowo, menjelaskan bahwa pipa yang mengalami kebocoran sudah selesai diperbaiki. Kini, pipa sudah kembali beroperasi mengirimkan minyak dari fasilitas produksi di Nglobo ke Main Gathering Station (MGS) Menggung, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

“Tim Penanggulangan Keadaan Darurat Cepu Field telah melakukan berbagai upaya terhadap peristiwa kebocoran pipa yang terhadi pada Senin (11/4). Tidak lama pasca kejadian, kami langsung menurunkan tim guna melakukan perbaikan pipa dan penanganan terhadap cairan minyak juga berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora untuk penanganannya,” ujar Agung, Jum’at (16/4).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan diantaranya adalah melakukan pembersihan cairan minyak yang dilakukan secara manual karena area sawah yang terdampak tidak terjangkau vacuum truck. Petugas juga meakukan penyemprotan dispersant dan pembajakan sawah sebagai langkah lanjutan guna mengurangi konsentrasi minyak di area sawah.

“Upaya tersebut guna membuat minyak-minyak yang berada di area sawah terurai. Dengan tindak lanjut ini, harapannya kondisi tanah membaik dan dapat dipulihkan,” tegas Agung.

Langkah selanjutnya, tim penanganan Cepu Field akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian terkait kesiapan tanah untuk digunakan bercocok tanam kembali. Cepu Field akan terus melakukan upaya hingga kondisi area tanah kembali bisa ditanami.

“Itu komitmen kami kepada warga. Area sungai juga sudah kami amankan dengan pembuatan tanggul guna mencegah persebaran minyak ke sana,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here