SPBU Pertamina di rest area tol Cipali, Jawa Barat.

Jakarta, Petrominer – PT Pertamina (Persero) memastikan akan memasok bahan bakar minyak (BBM) ke seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di rest area jalan tol. Ini merupakan upaya Pertamina untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jalan tol, seiring bertambahnya jalan tol baru yang beroperasi.

Kepastian pasokan BBM Pertamina tersebut dituangkan dalam sebuah kesepakatan yang ditandatangani dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Pertamina akan bersinergi dengan Jasa Marga untuk membangun SPBU Pertamina di Tempat Istirahat dan Pelayanan Jalan Tol Jasa Marga.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid, dan Direktur Operasi I Jasa Marga, Mohammad Sofyan di Kementerian BUMN, Senin (26/11). Seremoni penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani.

Poin penting dalam Perjanjian Kerjasama antara Pertamina dengan Jasa Marga yaitu dalam rangka penyediaan SPBU pada TI/TIP di Jalan Tol Trans Jawa, Sumatera dan Kalimantan yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya.

Menurut Rini, konektivitas jalan tol memiliki peranan penting dalam upaya merangsang pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi Nasional. Untuk menunjang hal tersebut, kehadiran rest area dan SPBU termasuk jaminan pasokan sangat penting dalam rangka melayani kebutuhan BBM pengguna jalan tol. Dia juga mengingatkan bahwa kehadiran rest area harus bisa menjadi wadah menggeliatkan perekonomian dengan memprioritaskan zona berdagang untuk UMKM milik masyarakat setempat.

Sementara Nicke menegaskan bahwa kerja sama Pertamina dengan Jasa Marga adalah langkah strategis yang sejalan dengan misi Pemerintah untuk mempercepat konektivitas darat serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli BBM di sepanjang ruas tol yang baru berfungsi.

“Untuk memenuhi kebutuhan BBM Masyarakat, SPBU yang dimiliki oleh PT Pertamina Retail akan dibangun di seluruh Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. SPBU tersebut akan menyediakan seluruh jenis BBM untuk transportasi darat, baik Pertamax Series, DEX series maupun Premium dan Solar,” tegasnya.

Dengan adanya kerjasama ini, maka SPBU di TIP/TI yang dikelola PT Jasamarga Properti (JMP), kelompok usaha Jasa Marga, akan terjamin pasokannya oleh Pertamina Retail. Jika dihitung, pada hari biasa kebutuhan rata-rata BBM di SPBU TI tipe A mencapai 74 kiloliter (KL). Sedangkan pada saat momentum tertentu, misal saat mudik, kebutuhan akan BBM dapat melonjak menjadi 78 KL.

Pertamina menargetkan pembangunan 10 SPBU di ruas jalur tol akan terlaksana bulan Juli 2019 mendatang.

Sebelumnya, kerjasama antara Pertamina dan Jasa Marga telah terbukti memperlancar arus mudik balik Lebaran dan Libur Nasional Tahun 2018. Penyediaan BBM dalam kemasan membantu pengguna jalan tol dalam melakukan isi ulang yang praktis.

Sebagai BUMN yang berperan penting dalam melayani masyarakat, Jasa Marga dan Pertamina akan terus bersinergi sekaligus menciptakan peluang bisnis bersama yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat termasuk pada musim mudik Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Pada akhir 2017 lalu, Pertamina Retail dan JMP juga telah menandatangani Nota Kesepahaman kerjasama untuk pengembangan SPBU di rest area.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here