Amankan pasokan LPG 3 kg, Pertamina pasokan 27 ribu tabung dan siagakan 425 pangkalan di Pandeglang, Banten.

Banten, Petrominer – Sebagai upaya melancarkan pasokan sumber energi ke daerah bencana, PT Pertamina (Persero) menambah pasokan LPG 3 kg ke wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, dan Lampung Selatan, Lampung. Selain untuk memasok kebutuhan dapur umum, pasokan tersebut juga untuk mengamankan kebutuhan LPG bersubsidi di wilayah tersebut.

Pertamina telah menyiagakan 425 pangkalan LPG 3 kg di Pandeglang. Sebanyak 121 pangkalan tersebut tersebar di 10 Kecamatan terdampak tsunami, sedangkan 304 pangkalan lainnya tersebar di wilayah yang tidak terdampak tsunami.

“Pangkalan elpiji 3 kg Pertamina beroperasi normal dan stok elpiji 3 kg dalam posisi aman,” tegas Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dian Hapsari Firasati, senin (24/12).

Lebih lanjut Dian menyatakan bahwa bahwa pada hari ini, Senin (24/12), pasokan LPG 3 kg ke wilayah Pandeglang mencapai 27 ribu tabung. Jumlah tersebut sudah termasuk penambahan fakultatif untuk penanggulangan pasca tsunami.

Pertamina juga telah melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas operasi SPPBE di sekitar wilayah terdampak. Dua SPPBE Pertamina yang ada di Kabupaten Pandeglang dalam kondisi aman dan beroperasi penuh.

Pertamina segera menggelar operasi pasar LPG 3 kg untuk mengamankan pasokan kebutuhan LPG bersubsidi di daerah Lampung Selatan, Lampung.

Operasi Pasar

Sementara untuk wilayah Lampung Selatan, Pertamina menyiapkan 560 tabung LPG 3 kg dalam rangka Operasi Pasar di Kecamatan Punduh Pidada, Pulau Legundi.

“Pulau Legundi salah satu wilayah yang terkenda dampak langsung dari gelombang tinggi dan tsunami yang melanda Lampung Selatan. Operasi Pasar dilakukan pada hari ini, Senin (24/12) agar kebutuhan dasar masyarakat untuk memasak dapat terpenuhi,” ujar Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

Menurut Rifky, operasi pasar juga akan disiapkan di wilayah lain sebagai alternatif penyaluran dari empat pangkalan yang terimbas oleh gelombang tinggi di Kecamatan Rajabasa. Langkah ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sambil menunggu keempat pangkalan tersebut bisa beroperasi kembali secara maksimal.

Salah satu dari empat pangkalan tersebut, Senin siang sudah melakukan penyaluran namun hanya terbatas sebanyak 200 tabung. Pangkalan ini berlokasi di Desa Canti, Kecamatan Rajabasa.

Terkait dengan upaya penanggulangan pasca tsunami, Pertamina juga memperbanyak bantuan LPG ke dapur umum. Minggu (23/12) malam kemarin, Pertamina telah menyalurkan bantuan ke sejumlah lokasi dapur umum dan posko penampungan di wilayah terdampak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here