Sebanyak 600 pohon ditanam di area kantor dan kompleks perumahan pekerja Pertagas Western Java Area (WJA), Tegalgede, Cikarang, Jawa Barat, Jum’at (22/4).

Jakarta, Petrominer — Menyambut peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2016, PT Pertamina Gas (Pertagas) secara khusus mengadakan kegiatan penanaman pohon. Penanaman secara simbolis dilakukan di Kantor Pertagas Western Java Area (WJA), Tegalgede, Cikarang, Jawa Barat.

Sebanyak 600 pohon ditanam di area kantor dan kompleks perumahan pekerja tersebut, Jum’at (22/4). Penanaman ini merupakan bagian dari komitmen Pertagas untuk menanam 10.000 pohon dari berbagai jenis sepanjang tahun 2016.

“Pertagas berkomitmen untuk turut memberi sumbangsih dalam kelestarian lingkungan hidup bagi anak cucu,” ujar General Manager Operation East Region Pertagas, Iskandar, yang memimpin langsung kegiatan penanaman pohon pada hari itu.

Menurut Iskandar, kegiatan tersebut juga menunjukkan komitmen Pertagas yang secara konsisten terus menciptakan iklim usaha yang ramah lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

Dalam acara hari itu, hadir pula Manager Western Java Area Dody Noza; Manager QM & HSE I Ketut Sudiarta, Manager PR & CSR Hatim Ilwan, serta pekerja di lingkungan West Java Area.

Pohon yang dipilih untuk ditanam merupakan jenis pohon produktif (1.500 pohon), penghijauan (4.000 pohon), mangrove (4.000 pohon), dan pohon endemik (500 pohon).

Pemilihan ini mempunyai alasan dikarenakan pohon penghijauan seperti Trembesi adalah jenis tanaman mampu menyerap CO2 lebih banyak di udara. “Pohon inilah yang nantinya diharapkan paling banyak akan menghijaukan wilayah operasi Pertagas,” ujar Iskandar.

Sedangkan Mangrove dipilih untuk perbaikan ekosistem laut serta proteksi fasilitas pipa Pertagas atas abrasi pantai. Sebab, lanjut Iskandar, beberapa area operasi Pertagas berbatasan langsung dengan area pantai.

Dalam kesempatan itu, Iskandar juga menyatakan bahwa Pertagas secara berkelanjutan akan terus berupaya mengurangi pencemaran lingkungan di daerah operasinya. Tidak hanya pencemaran tanah, namun juga Masih menurut Iskandar, Pertagas secara berkelanjutan akan terus berupaya mengurangi pencemaran lingkungan di daerah operasinya. Tidak hanya pencemaran tanah, namun juga air dan udara.

“Upaya tersebut merupakan bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Salah satu bentuknya adalah dengan mengadakan penanaman pohon,” ujar Iskandar.

Program penanaman ini tak hanya dilakukan di WJA saja, tetapi dilaksanakan juga secara serentak di beberapa area operasi Pertagas lainnya yakni North Sumatera Area (NSA), Central Sumatera Area (CSA), South Sumatera Area (SSA), East Java Area (EJA) dan Kalimantan. Ke depannya, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) ini juga komitmen untuk ikut berpartisipasi untuk menanam pohon di beberapa taman kota.

Tidak hanya itu. Mulai tahun ini Pertagas secara khusus meminta kepada para pekerja dan mitra kerjanya untuk menanam pohon guna menciptakan budaya menanam di lingkungan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here