Salah satu instrumen alat geofisika.

Jakarta, Petrominer – Saat ini, kebutuhan instrumen geofisika penting dimiliki oleh kalangan pengusaha yang bergerak di industri energi dan infrastruktur. Dengan melakukan scanning terhadap wilayah pengerjaan aktivitas pertambangan dan infrastruktur, penggunaan instrumen geofisika berpotensi menghadirkan efisiensi cost yang signifikan bagi perusahaan.

“Dalam pembangunan infrastruktur, potensi efisiensi untuk mengurangi kecelakaan kerja dalam inspeksi utilitas dapat mencapai kurang lebih 70- 80 persen. Sedangkan untuk sektor tambang, metode geofisika memang tidak dapat berdiri sendiri. Namun, berperan sebagai pelengkap sehingga dapat meningkatkan tingkat kepastian hasil akhir dalam usaha eksplorasi mineral,” ujar Direktur Utama PT Exact Global Teknologi, Indra Irawan, Senin (1/8).

Menurut Indra, dewasa ini, Indonesia sangat giat dan aktif dalam pembangunan di berbagai sektor. Peran geofisika pun hadir untuk mempermudah rencana pembangunan sektor energi dan infrastruktur.

“Peran geofisika meliputi eksplorasi bahan baku, seperti nikel yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan penyimpanan daya pada energi terbarukan. Sementara di sektor infrastruktur, geofisika berperan menganalisis sektor bangunan dengan berbagai metode. Dalam hal ini, geofisika juga diperlukan dalam menganalisis laporan batuan keras di bawah permukaan dan utilitas tertanam agar progres konstruksi dapat berjalan lancar dan aman,” tuturnya.

Mengingat pentingnya isu ini, Exact Global Teknologi menginisiasi kegiatan sharing sessionThe Role of Geophysics in the Future of Energy and Sustainable Infrastructure Development in Indonesia“. Kegiatan yang menampilkan beberapa narasumber praktisi di bidang energi dan infrastruktur ini akan digelar Hotel Courtyard Bandung pada 3-4 Agustus 2022.

Menurut Indra, kegiatan sharing session ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana pemerintah sebagaimana diatur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia tentang penerapan teknologi hemat energi, seperti kendaraan listrik, kompor induksi, dan sebagainya.

Dalam kegiatan tersebut, Exact Global Teknologi juga akan berbagi kisah sukses terkait penggunaan GEObit dan ABEM MALA. Sementara di ajang pameran, ditampilkan berbagai demo instrumen dan pameran produk-produk lainnya.

“Sebagai perusahaan distributor yang resmi ditunjuk oleh dua manufaktur instrumen alat geofisika global (Guideline Geo dan GEObit), kami berharap dapat memfasilitasi kebutuhan instrumen geofisika bagi perusahaan-perusahaan energi, mineral dan infrastruktur dengan instrumen berkualitas, dengan waktu tunggu yang relatif lebih cepat dan mudah sampai ke tangan customer. Kehadiran kami juga akan memperkuat layanan after-sales service di Indonesia untuk kedua manufaktur tersebut,” paparnya.

Untuk instrumen yang berfokus pada kebutuhan georadar dan geolistrik, authorization letter sebagai satu-satunya distributor Indonesia diberikan oleh Guideline Geo MALA dan ABEM (Swedia). Sedangkan untuk instrumen yang berfokus pada monitoring pergerakan dan getaran di bawah bumi, izin distributor diberikan oleh GEObit (perusahaan manufaktur asal Yunani). Terakhir, kapasitas sebagai sales representative dari instrumen yang berfokus mendeteksi kondisi pipa-pipa di bawah permukaan tanah, diberikan oleh Radiodetection (perusahaan manufaktur asal Inggris).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here