(Petrominer/Fachry Latief)

Jakarta, Petrominer – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada para pengguna energi, baik Pemerintah maupun swasta yang telah berhasil menerapkan upaya-upaya konservasi energi.

Direktur Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Hariyanto, menjelaskan bahwa pemberian penghargaan ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam mendorong pelaku industri untuk melakukan manajemen energi. Tujuannya adalah mengurangi emisi sesuai komitmen Indonesia dalam Paris Agreement.

“Semakin tinggi kebutuhan energi suatu industri, manajemen energinya harus semakin baik. Dengan manajemen energi yang baik semestinya industri juga akan diuntungkan karena biaya konsumsi energi bakal berkurang,” ujar Hariyanto usai meluncurkan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2019, Rabu (3/7).

Ajang penghargaan dari Kementerian ESDM ini digelar sejak tahun 2012 lalu. Dalam penyelenggaraan tahun 2018, diikuti oleh 112 peserta. PT Pupuk Kaltim, PT Pertamina Hulu Energi, dan Kementerian Perikanan dan Kelautan memenangkan penghargaan ini, selain memenangkan penghargaan di tingkat Asia Tenggara dalam ajang Energy Management Leadership Award.

Tahun ini, jumlah peserta ditargetkan meningkat 1,5 kali lipat. Para pemenang nantinya juga akan mewakili Indonesia dalam ASEAN Energy Award 2020.

Untuk menentukan pemenang, Kementerian ESDM bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kategori yang dilombakan adalah:

  1. Kategori bangunan gedung hemat energi, dengan subsektor, gedung baru, gedung retrofitted, gedung tropis, inovasi khusus, dan green building yang terdiri dari gedung kecil, menengah, serta gedung besar.
  2. Kategori manajemen energi pada industri dibangunan gedung dengan enam sub kategori, yaitu gedung kecil dan menengah, gedung besar, industri kecil dan menengah, industri besar, inovasi khusus industri, dan inovasi khusus gedung.
  3. Kategori penghematan energi di instalasi pemerintah, dengan dua sub kategori yaitu pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Peluncuran Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2019 di kantor Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM, Rabu (3/7).(Petrominer/Fachry Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here