Jakarta, Petrominer — PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) komitmen untuk terus membantu warga kurang mampu yang berada di wilayah operasinya. Sebagai bagian dari program tanggung jawa sosial, PLN Disjaya memberi Bantuan Pembuatan MCK dan Sambung Listrik Gratis untuk masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

“Program ini dikemas dalam program PLN Peduli, yang juga bersinergi dengan program dari Kementerian BUMN, yaitu BUMN Hadir untuk Negeri,” ujar General Manajer PLN Disjaya, Syamsul Huda, di sela acara penyerahan Bantuan Pembuatan MCK dan Sambung Listrik Gratis, Rabu (9/11).

Syamsul Huda menjelaskan, dalam pemberian bantuan tersebut, Kabupaten penerima bantuan telah ditentukan oleh Kementerian BUMN. Untuk wilayah kerja PLN Disjaya, program ini dilaksanakan di wilayah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Program Pemberian Bantuan MCK merupakan bentuk kepedulian PLN dan Kementerian BUMN untuk dapat memberikan akses sanitasi yang baik kepada masyarakat yang kurang mampu. Total bantuan pembuatan MCK yang diterima oleh Kabupaten adalah senilai Rp 500 juta yang diwujudkan dalam bantuan pembuatan MCK di 50 lokasi di wilayah tersebut.

“Masyarakat ataupun institusi yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu juga dapat mengajukan permohonan pembuatan MCK. Kami, sebagai pelaksana teknis di lapangan, akan melakukan survei kelayakan dan evaluasi persetujuan program,” jelasnya.

Sementara Program Sambung Listrik Gratis dilaksanakan supaya masyarakat yang kurang mampu dapat merasakan manfaat listrik. Total bantuan program Sambung Listrik Gratis yang diterima senilai Rp 150 juta yang diberikan kepada setidaknya 100 kepala keluarga warga miskin yang belum teraliri listrik.

Warga miskin yang berhak mendapatkan bantuan ini adalah warga yang masuk ke dalam Basis Data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggilangan Kemiskinan (BDT TNPZK) atau yang mendapatkan rekomendasi dari Bupati/Walikota setempat sebagai warga tidak mampu yang berhak menerima bantuan program ini.

“Masyarakat yang mendapatkan program akan mendapatkan akses listrik dengan daya 450 VA. Lokasi sasaran penerima program ini merupakan lokasi yang siap sambung dan tidak memeriukan perluasan Jaringan Tegangan Menengah maupun Jaringan Tegangan Rendah baru,” papar Syamsul Huda.

Pelaksanaan Pemberian Bantuan Pembuatan MCK dan Sambung Listrik Gratis ini tentu akan berjalan dengan lancar apabila didukung oleh seluruh elemen yang ada di masyarakat, termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Program-program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat serta membangun kedekatan dan hubungan yang positif antara PLN dengan masyarakat,” ujar Syamsul Huda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here