PLN terus bersiap siaga mengamankan pasokan listrik dan memantau wilayah terdampak banjir.

Karawang, Petrominer – Dengan mengutamakan keselamatan masyarakat, PLN terus bersiap siaga mengamankan pasokan listrik dan memantau wilayah terdampak banjir di Jawa Barat. Seperti yang dilakukan di Kabupaten Karawang, yang dilanda banjir beberapa daerahnya karena meluapnya air dari Sungai Citarum.

“PLN terus sigap dan siaga memantau kondisi wilayah yang terdampak banjir. Demi mengutamakan keselamatan masyarakat, pada beberapa daerah belum dapat dialiri listrik karena banjir masih tinggi,” ujar Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura & Bali PLN, Haryanto WS, ketika meninjau sistem kelistrikan yang terdampak banjir di Gardu Induk Tegal Herang, Karawang, Minggu (21/2).

Haryanto menegaskan, PLN akan segera memulihkan aliran listrik kembali apabila kondisi banjir telah surut dan aman bagi masyarakat.

Secara keseluruhan di Jabar sampai dengan Minggu siang pukul 13.00 WIB, terdapat 2.119 unit gardu distribusi yang terdampak banjir. Sementara sebanyak 1.369 gardu distribusi dan 333.505 pelanggan telah berhasil dinyalakan kembali.

Para petugas PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terdampak banjir untuk memastikan peralatan dalam keadaan siap beroperasi kembali.

PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir. Apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter. Selanjutnya, masyarakat bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here