Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Makban di Laguna, Filipina.

Singapore, Petrominer – Mitsubishi Power menerima pesanan untuk meningkatkan fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Makban di Laguna, Filipina. Mengadopsi pasokan uap panasbumi terbaru di pembangkit listrik tersebut, anak perusahaan Mitsubishi Heavy Industries (MHI) Group ini akan memasok satu set komponen turbin uap baru dengan desain optimal untuk Unit 1 PLTP Makban.

Managing Director & CEO, Mitsubishi Power Asia Pacific Pte. Ltd., Osamu Ono, menjelaskan bahwa untuk proyek renovasi ini, Nagasaki Works dari Mitsubishi Power akan memasok komponen turbin uap dengan rancangan baru. Sementara anak perusahaan lokal Mitsubishi Power, MHI Power (Filipina) Plant Services Corporation, akan menyediakan layanan instalasi di tempat.

“Teknologi turbin uap unggulan Mitsubishi Power ini, yang memungkinkan peningkatan kinerja sekaligus memastikan kompatibilitas penuh dengan fasilitas yang ada, telah dinilai oleh APRI dan hasilnya cocok,” ujar Ono, Selasa (1/12).

Dia menjelaskan, peningkatan fasilitas ini akan membantu mengoptimalkan kinerja pembangkit dan meminimalkan konsumsi uap panasbumi per keluaran daya. Proyek ini dijadwalkan selesai pada tahun 2021 mendatang.

PLTP Makban terletak di tenggara ibukota Manila. Dimiliki dan dioperasikan oleh AP Renewables Inc. (APRI), pengembang energi terbarukan terkemuka di Filipina. Mitsubishi Power adalah pemasok unit pembangkit pertama tahun 1979 lalu, dan sembilan unit lainnya yang dipasang secara progresif selama dua dekade hingga tahun 1996.

Di PLTP, air panas yang dihasilkan oleh magma jauh di bawah permukaan bumi diekstraksi sebagai uap dan digunakan untuk menggerakkan turbin. Tenaga panasbumi ini dapat diproduksi secara stabil, 24 jam sehari, dan hampir tidak terpengaruh oleh cuaca atau faktor lainnya.

Untuk alasan inilah, ujar Ono, tenaga panasbumi adalah bentuk energi bersih yang diharapkan dapat diperluas penerapannya di negara dan wilayah yang memiliki sumber daya panasbumi yang melimpah. Namun, fasilitas dan peralatan mungkin perlu ditingkatkan atau diperbaiki untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan alam dalam jangka menengah hingga panjang, seperti yang dilakukan dalam proyek ini.

Mitsubishi Power telah memenuhi pesanan untuk lebih dari 100 proyek PLTP di 13 negara. Dengan total kapasitas lebih dari 3.200 megawatt (MW), Mitsubishi Power memegang bagian terbesar dari kapasitas PLTP dunia, dan telah berkontribusi pada kestabilan operasi produsen tenaga panasbumi di seluruh dunia dengan menyediakan layanan purna jual yang handal.

“Ke depannya, dengan menawarkan solusi untuk meningkatkan kinerja operasional peralatan dan fasilitas PLTP di wilayah di seluruh dunia, Mitsubishi Power akan mempromosikan pemanfaatan sumber daya panasbumi secara efektif dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan global sambil memastikan pasokan listrik yang stabil,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here