T-Point 2, fasilitas validasi pembangkit listrik combined cycle Mitsubishi Power di Takasago Works, Prefektur Hyogo, Jepang. (Mitsubishi Power)

Singapura, Petrominer – Mitsubishi Power, Ltd., anak perusahaan Mitsubishi Heavy Industries (MHI), meraih dua penghargaan di Asian Power Awards 2020, yakni Innovative Power Technology of the Year – Jepang dan Power Plant Upgrade of the Year – kategori Jepang.

“Kedua penghargaan tersebut diberikan untuk T-Point 2, fasilitas validasi pembangkit listrik combined cycle milik Mitsubishi Power yang canggih,” ujar Managing Director dan CEO Mitsubishi Power Asia Pacific, Osamu Ono, dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Senin (2/11).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas proyek-proyek dan inisiatif terobosan di sektor kelistrikan Asia Pasifik. Penyerahan penghargaan edisi ke-16 itu diadakan secara virtual, Jum’at malam (30/10).

T-Point 2 adalah satu-satunya pembangkit listrik yang telah beroperasi secara komersial di dunia yang secara khusus dibangun untuk memvalidasi solusi daya baru. Pembangkit tersebut mulai komisioning pada April 2020 dan terletak di Takasago Works, Prefektur Hyogo, Jepang. Fasilitas ini juga menjadi pusat penelitian dan pengembangan, desain, manufaktur, dan pengujian komponen jangka pendek.

“T-Point 2 menjadi satu-satunya pembangkit di dunia yang berfungsi baik sebagai contoh sampel teknologi maupun produsen dan pemasok tenaga listrik,” ungkap Ono.

Fasilitas validasi pembangkit listrik combined cycle itu mulai beroperasi komersial penuh pada Juli 2020, dengan turbin gas J-Series Air-Cooled (JAC) yang memiliki rekor efisien dan produksi. Tercatat, suhu masuk turbin tertinggi pada 1.650° C dan efisiensi lebih besar dari 64 persen. Efisiensi yang lebih besar ini juga berarti bahwa emisi karbon dan kehilangan panas tercapai, sehingga secara signifikan mengurangi dampak lingkungan.

T-Point 2 juga menawarkan proses validasi jangka panjang yang kuat guna meminimalkan risiko bagi pelanggan dan memberikan jaminan kinerja dan daya tahan produk bahkan sebelum pemasangan. Untuk mencapai hal ini, Mitsubishi Power memvalidasi desain turbin gas terbarunya dan solusi digital dengan konektivitas jaringan minimal selama 8.000 jam dalam kondisi pengoperasian nyata, yang setara dengan hampir satu tahun pengoperasian normal.

Pembangkit ini bisa menjadi pembangkit listrik combined cycle otonom pertama di dunia yang menggunakan TOMONI ™, rangkaian solusi pembangkit listrik digital yang dapat disesuaikan dan didorong oleh analitik mutakhir untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas pembangkit listrik. Ditopang oleh teknologi artificial intelligence, TOMONI memungkinkan operator untuk meningkatkan kontrol sistem, menjalankan dengan lebih efisien, serta mengoptimalkan kinerja dan keandalan pembangkit sambil mempertahankan fleksibilitas operasional untuk mengurangi intermiten dalam pembangkit listrik yang dapat diperbarui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here