Omah Kreteg, salah satu mitra binaan PLTU Suralaya yang mendapat Entrepreneurs Award 2020 dengan produk andalannya yaitu Sambel Kreteg khas Suralaya, Cilegon, Banten.

Cilegon, Petrominer – Dua mitra binaan Indonesia Power PUG Suralaya meraih penghargaan dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil Kota Cilegon. Penyerahan Entrepreneurs Award 2020 tersebut digelar, Selasa (22/12) lalu,

Corporate Secretary Indonesia Power, Igan Subawa Putra, menjelaskan bahwa kedua mitra binaan yang mendapatkan penghargaan di ajang tahunan tersebut adalah Omah Kreteg dan Rumah Terampil.

“Omah Kreteg mendapatkan Penghargaan Juara 1 untuk kategori Kuliner Kecamatan Pulomerak Tahun 2020 dan Juara 3 Kategori Kuliner Kota Cilegon Tahun 2020. Sementara Rumah Terampil berhasil menyabet UMK Social Entrepreneurs Kota Cilegon 2020 dan juga Juara 1 untuk kategori Kerajinan Kecamatan Pulomerak Tahun 2020,” ujar Igan dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Kamis (7/1).

Entrepreneurs Award Kota Cilegon diberikan sebagai salah satu upaya Pemkot Cilegon dalam mendukung dan memotivasi para pelaku UMKM untuk dapat lebih inovatif dan teliti dalam memasarkan produknya.

”Kita ingin memotivasi dan menghargai para pelaku UMKM untuk dapat lebih inovatif dan teliti dalam memasarkan produknya,” ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Kecil Kota Cilegon, Tatang Muftadi.

Mitra Binaan PLTU Suralaya Dapat Entrepreneurs Award 2020 dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon.

Rumah Terampil awalnya dirintis untuk kegiatan warga disekitar PLTU Suralaya. Di fasilitas itu, warga dapat memanfaatkan barang tak terpakai seperti limbah kertas dan plastik yang tak terpakai untuk diubah menjadi barang-barang yang bermanfaat untuk warga sendiri.

“Namun seiring berjalannya waktu, produk Rumah Terampil banyak yang meminatinya dan pada akhirnya dapat membantu perekonomian anggota kelompok Rumah Terampil yang pada akhirnya mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Cilegon,” ungkapnya.

Sama halnya seperti Rumah Terampil, Omah Kreteg dengan produk andalannya yaitu Sambel Kreteg khas Suralaya juga awalnya hanya untuk konsumsi terbatas. Namun karena banyak diminati, maka sekarang sudah banyak produksi dan kini anggota yang sebagian besar kaum wanita itu dapat terbantu secara finansial dari hasil penjualan Sambel Kreteg.

“Kini sambel kreteg olahan Omah Kreteg Anggana ini memiliki berbagai varian rasa yang dapat dinikmati oleh para pecinta sambel, diantaranya adalah varian original, teri, ebi dan terasi dengan tingkatan level pedas dari level 1 sampai dengan level 5,” jelas Igan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here