Presiden Direktur Merdeka Copper Gold, Adi Adriansyah Sjoekri. (Petrominer/Pris)

Jakarta, Petrominer – PT Merdeka Copper Gold Tbk. menyebut tahun 2017 sebagai momentum penting untuk menjadi perusahaan tambang nasional kelas dunia. Dua tahun sejak pencatatan saham perdana (IPO), melalui anak usahanya, PT Bumi Suksesindo (BSI), berhasil mencapai tahap produksi.

Presiden Direktur Merdeka Copper Gold, Adi Adriansyah Sjoekri, memaparkan bahwa BSI mencapai produksi perdana emas dan perak dari tambang Tujuh Bukit di Banyuwangi, Jawa Timur. Sepanjang tahun 2017, BSI memproduksi 142.468 ounce (oz) emas dan 44.598 oz perak.

“Setelah berproduksi, sepanjang tahun 2017, Merdeka meraih penjualan sebesar US$ 132,71 juta dengan laba besih US$ 43,1 juta. Padahal tahun sebelumnya, Merdeka masih mencatat rugi US$ 2,8 juta karena tambang Tujuh Bukit belum berproduksi,” jelas Adi usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST dan RUPSLB), Senin (21/5).

Dia juga menjelaskan bahwa produksi tambang Bukit Tujuh juga didukung oleh efisiensi yang optimal dan sejumlah faktor lainnya seperti teknologi penambangan yang menggunakan metide pengolahan low energy heap leach.

“Kami bersyukur berhasil mewujudkan komitmen kepada para investor bahwa dua tahun setelah IPO sudah dapat berproduksi. Ini merupakan pencapaian yang bagus dan menunjukkan kapasitas perusahaan sangat kompetitif dan kompeten di industri tambang dunia,” tegas Adi.

Estimasi 2018

Dalam kesempatan itu, dia berharap kinerja positif BSI di tahun 2017 terus berlanjut pada tahun ini. Selama kuartal I 2018, tambang Bukit Tujuh telah memproduksi 28.661 oz emas dan 19.727 oz perak. Sementara harga jual rata-rata emas yang sebesar US$ 1.334 per oz dan harga perak US$ 17 per oz. Dengan demikian, Merdeka meraih penjualan sebesar US$ 74,5 juta dengan laba bersih sebesar US$ 25,1 juta.

“Pencapaian ini lebih rendah dari rata-rata karena curah hujan tinggi yang kerap dikaitkan dengan musim penghujan tahunan. Meski begitu, produksi emas tahun 2018 ditargetkan naik menjadi 155.000 – 170.000 oz,” papar Adi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here