Tuban, Petrominer – PT Pertamina (Persero) memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemenuhan tanggung jawab sosial di sekitar wilayah operasinya. Melalui PT Pertamina EP, perusahaan ini menerapkan Program Sahabat Pertamina di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Program Sahabat Pertamina yang diinisiasi oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field ini merupakan Program Layanan Kesehatan Berbasis Masyarakat di pilar Kesehatan dengan melibatkan masyarakat di sekitar wilayah operasi secara langsung.

Program kesehatan ini melayani tiga desa Ring 1 Sukowati yakni Desa Campurejo, Ngampel, dan Sambiroto. Program ini meliputi beberapa Kegiatan Layanan Kesehatan di antaranya Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat, Keluarga Binaan, dan Mobil Layanan Kesehatan.

Selain itu, ada beberapa kegiatan tambahan seperti pendampingan warga desa ke fasilitas kesehatan sekitar yang memerlukan transportasi Mobil Layanan Kesehatan, membantu kegiatan posyandu balita maupun lansia yang digelar di Desa, dan juga membantu tenaga medis Polindes ketika melakukan pemberian imunisasi ori difteri anak-anak balita sampai remaja.

Untuk kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat telah diikuti oleh total 800 warga dan 90 keluarga untuk kunjungan dan pendidikan kesehatan (Keluarga Binaan). Dengan adanya perubahan dan peningkatan kesehatan, mereka sangat merasakan manfaat dari keberadaan Pertamina EP dalam program ini.

“Kami sangat bersyukur kehadiran Program Sahabat Pertamina memberikan manfaat dan nilai positif di Masyarakat, kami harapkan juga do’a dan dukungan dari masyarakat sekitar wilayah operasi agar Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field produksinya terus meningkat sehingga dapat menopang Produksi Nasional,” terang General Manajer Pertamina EP Asset 4, Agus Amperianto.

Lebih lanjut, Agus menambahkan bahwa selain Sahabat Pertamina yang sudah ada dan berjalan di Kabupaten Bojonegoro ini, ke depan akan diaplikasikan juga ke wilayah Kabupaten Tuban.

“Harapan kami dengan kondisi kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasi kami terjaga, maka masyarakat bisa melaksanakan aktifitasnya sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidupnya”, jelasnya.

Selain program Sahabat Pertamina, Pertamina EP juga melaksanakan beberapa program unggulan lainnya seperti misalnya Pemberdayaan Ekonomi Bank Sampah, Program Penanaman Pohon untuk mengembalikan ekosistem sebelumnya yang bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban dan Ronggolawe Pers Solidarity serta program lainnya yang tentunya tetap melibatkan masyarakat.

“Semoga dengan adanya program – program ini, komitmen kami untuk Tumbuh Bersama Lingkungan dan Masyarakat bisa terwujud,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tanjungharjo, Dr. Fifin Erliana mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan kegiatan Sahabat Pertamina, InsyaAllah mendekatkan akses bagi masyarakat desa ngampel dan sambiroto dalam pelayanan kesehatan dan juga meningkatkan derajat kesehatan mereka dengan kunjungan rumah agar menjadi keluarga mandiri,” kata Dr. Fifin.

Nurul Jariyatin, SH. M.Kn., dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Icsada sebagai mitra pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa Sahabat Pertamina menjadi salah satu pilar yang mendukung kegiatan operasi Sukowati Field, salah satu hal yang sangat dirasa manfaatnya bagi warga adalah Mobil Layanan Kesehatan yang membantu mengantarkan warga ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Banyak warga yang tidak memiliki kendaraan mobil untuk dapat mengantarkan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau bahkan Rumah Sakit, dengan adanya Mobil Layanan Kesehatan yang merupakan salah satu bagian dari Program Sahabat Pertamina, dirasa sangat memberikan manfaat bagi mereka,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here