Jakarta, Petrominer – PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) menyatakan telah memperoleh surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penawaran saham terbatas melalui mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Saham baru ini ditawarkan dengan harga Rp 600 per saham.

Selanjutnya, MedcoEnergi akan menawarkan HMETD kepada pemegang saham yang memenuhi syarat untuk membeli satu saham baru atas tiga saham lama yang dimiliki. Pemegang saham yang telah membeli saham baru akan menerima waran (opsi untuk membeli saham pada masa yang sudah ditentukan) yang dapat diperjualbelikan.

“Ini adalah kesempatan besar bagi pemegang saham untuk menggunakan haknya, berbagi kesuksesan perusahaan di masa depan sekaligus memperkuat struktur permodalan Perusahaan,” ujar Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, Kamis (30/11).

Sesuai rencana, jelas Hilmi, sekitar 4,40 miliar saham baru akan segera diterbitkan, ditambah lagi dengan 4,40 miliar saham susulan yang akan diterbitkan jika dan saat para pemegang saham memutuskan untuk melaksanakan waran mereka. Semua saham baru tersebut akan memiliki hak dan karakteristik yang sama dengan saham lama.

“Penawaran ini akan berlaku bagi para pemegang saham yang telah terdaftar sebelum tanggal 8 Desember 2017,” paparnya.

HMETD yang sepenuhnya sudah ditanggung ini akan selesai pada bulan Desember 2017. Aksi korporasi ini akan menghasilkan dana sebesar Rp 2,64 miliar, yang akan digunakan untuk pembayaran hutang. Sementara itu, dana yang didapatkan dari waran akan diperuntukan untuk modal kerja.

Pembelian saham baru akan ditawarkan pada harga Rp 600 per saham dan pemegang saham yang sudah melaksanakan HMETD dapat melaksanakan waran mereka di salah satu dari tiga periode waktu berikut ini:

  1. Tanggal 1 Juli 2018 – 31 Desember 2018, dengan harga Rp 625 per saham.
  2. Tanggal 1 Januari 2019 – 31 Desember 2019, dengan harga Rp 650 per saham.
  3. Tanggal 1 Januari 2020 – 11 Desember 2020, dengan harga 675 per saham.

Rincian lebih lanjut dari Penawaran ini tersedia dalam prospektus Perusahaan yang dimuat di dalam website dan surat kabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here