Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan PROPER Emas kepada Presiden Direktur Medco E&P Indonesia Ronald Gunawan, disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Lingkungan PROPER di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/11).

Jakarta, Petrominer — Prestasi PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P), anak Perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi), dalam pengelolaan lingkungan kembali mendapat penghargaan tertinggi dari Pemerintah. Hal ini ditandai dengan penganugerahaan penghargaan PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan) Emas untuk Blok minyak dan gas bumi (migas) Rimau yang dioperasikan oleh Medco E&P Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan PROPER Emas ini diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Presiden Direktur Medco E&P Indonesia Ronald Gunawan, disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Lingkungan PROPER di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/11).

Menurut Direktur Utama MedcoEnergi, Hilmi Panigoro, peringkat PROPER Emas yang diraih Blok Rimau ini merupakan perolehan tahun keenam berturut-turut. Blok migas yang terletak di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin, Sumatera Selatan, ini telah mendapat Peringkat Emas sejak tahun 2011 hingga 2016.

“Mendapatkan penghargaan ini selama enam tahun berturut-urut, merupakan suatu pengakuan atas kepemimpinan MedcoEnergi sebagai Perusahaan migas swasta nasional di industri hulu migas, khususnya dalam bidang lingkungan dan sosial,” ujar Hilmi dalam siaran pers yang diterima Petrominer, Kamis (8/12).

Dengan keberhasilan ini, jelasnya, serta didukung oleh keahlian dan pengalaman dalam mengelola lapangan migas, MedcoEnergi berharap dapat meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional dengan mendapatkan kesempatan mengelola dan mengoperasikan lapangan migas lain di Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Presiden Direktur Medco E&P, Ronald Gunawan. “Penghargaan ini diberikan karena Medco E&P Indonesia telah menerapkan pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan komunitas di wilayah operasi secara bertanggung jawab dan berkelanjutan hingga melampaui kepatuhan (beyond compliance),” ujar Ronald.

Dia juga menegaskan bahwa penghargaan ini menjadikan Medco E&P Indonesia sebagai perusahaan migas pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mampu meraih penghargaan tersebut selama enam tahun berturut-turut.

Program Unggulan

Salah satu program pemberdayaan masyarakat yang menonjol adalah memberdayakan ratusan ibu-ibu di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin dalam mengembangkan tanaman obat dengan sistem budidaya organik. Program pemberdayaan ini mampu menggabungkan lima program pemberdayaan menjadi satu, yaitu: kemandirian dalam upaya kesehatan, pengembangan ekonomi, pemberdayaan perempuan, dan pelestarian keanekaragaman hayati khususnya tanaman obat, serta penghijauan lingkungan.

Selain Blok Rimau yang memperoleh predikat PROPER Emas, anak perusahaan MedcoEnergi lainnya juga mencatat hasil yang membanggakan yaitu Blok South Sumatra, Blok Tarakan dan Lematang memperoleh predikat PROPER Hijau.

“Pencapaian ini merupakan pengakuan nyata atas komitmen Perseroan yang selalu menjalankan kegiatan bisnis dengan etika dan standar lingkungan tertinggi serta kepedulian yang baik terhadap masyarakat dimana Perseroan berusaha,” jelas Ronald.

Program yang dijalankan adalah wujud nyata kepedulian yang tinggi dan upaya keras terhadap kelestarian lingkungan hidup serta pemberdayaan masyarakat lokal. Program-program yang kami maksud antara lain, penghijauan area operasi, pengolahan limbah domestik, Budidaya Padi (SRI) Organik, Tanaman Sayuran, Budidaya Karet Organik, Budidaya Ikan Kolam Organik, dan pemberdayaan para ibu dengan Kebun Tanaman Obat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here