Medco Power Indonesia meluncurkan ekosistem kendaraan listrik dengan menginstalasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) di gedung Energy, SCBD, Jakarta.

Jakarta, Petrominer – PT Medco Power Indonesia (Medco Power) meluncurkan ekosistem kendaraan listrik dengan menginstalasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) di gedung Energy, Jakarta. Ini merupakan bagian dari komitmen Medco Power untuk terus memperluas portofolionya dalam pengembangan energi bersih dan terbarukan.

Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria, menyebutkan bahwa peluncuran ini sekaligus sebagai bagian dari upaya Medco Power dalam mengimplementasi kendaraan listrik untuk kebutuhan operasi perusahaan. Tidak hanya di Jakarta, Medco Power juga akan mengimplementasikan ekosistem kendaraan listrik di beberapa subsidiari, seperti di Batam, Kepulauan Riau.

“Selain di Jakarta, kami juga akan mengimplementasikan ekosistem kendaraan listrik serta energi baru dan terbarukan di Batam dan Bali,” ungkap Eka usai melakukan peluncuran SPKL secara virtual, Jum’at (5/2).

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa Medco Power juga sedang portofolionya dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya di Bali dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sementara kota-kota lainnya segera menyusul.

“Kita juga berencana untuk melakukan ekspansi bisnis ekosistem kendaraan listrik dan energi baru dan terbarukan di Batam, Bali, paralel dengan proyek PLTS Bali 2×25 MW dan PLTS Sumbawa 1×26 MW yang sedang kami bangun, disusul dengan kotakota lainnya di Indonesia,” ungkap Eka.

Dalam pengembangan potensi bisnis ekosistem kendaraan listrik, Medco Power menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan PT PLN (Persero) dan Grab Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik dan energi terbarukan baru di Indonesia.

Sementara untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Medco Power menjalin kerja sama terkait dengan Bank Mandiri serta rencana pembiayaan dengan PT Mandiri Tunas Finance.

Sementara itu, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk., Hilmi Panigoro, menyebutkan bahwa pengembangan ekosistem kendaraan listrik searah dengan komitmen perusahaan untuk berinvestasi dalam masa depan, yang berkelanjutan dan pengembangan energi bersih.

“Kami komit kita ingin masuk ke situ, terjun ke dalamnya belajar dan memahami, dari situ kita akan bisa menghasilkan insiatif dan kesempatan bisnis yang kami sebagai perusahaan energi kami bisa berpartisipasi lebih jauh,” ujar Hilmi.

Dia juga menegaskan bahwa inisiatif ekosistem kendaraan listrik ini dapat menjadi katalis dalam mempercepat pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia. Langkah ini pada akhirnya mendukung tercapainya program Pemerintah serta memberi manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan dan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here