S. Zuhdi Pane (foto diambil tahun 2009).

Jakarta, Petrominer – Mantan Chief Editor PETROMINER, S. Zuhdi Pane, meninggal dunia pada Kamis, 10 September 2020, pukul 16.40 WIB di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan. Dia meninggal dalam usia 82 tahun.

Jenazah ayah lima orang anak ini rencana akan dimakamkan di Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Jum’at siang (11/9).

Kumpulan buah pikirnya yang dituangkan di setiap edisi PETROMINER, yang ketika itu adalah majalah bulanan berbahasa Inggris, telah dikumpulkan menjadi dua buku pada tahun 2010-2012. Kini, kedua buku tersebut, Gelagat Peduli (Trend of Concern) dan Rentang Peduli (Span of Concern) masih dijual secara online.

Sebelum aktif di PETROMINER, Zuhdi Pane berkarir di Pertamina selama hampir 38 tahun. Dia bergabung dengan perusahaan migas nasional itu tidak lama setelah lulus dari jurusan Geologi ITB tahun 1962.

Beragam posisi pun telah diemban selama di Pertamina. Mulai dari Kepala Bagian Eksplorasi, Kepala Humas Korporat, GM JOB, Kepala Divisi Eksplorasi, Pimpinan Umum Daerah Sumatera Bagian Selatan, Kepala BPPKA (kemudian menjadi BP Migas dan sekarang SKK Migas), hingga Staf Ahli Direktur Utama.

Selain itu, Zuhdi Pane juga pernah menjadi Ketua Tim Perunding Kontrak Production Sharing (PSC) dan anggota Tim Perumus Undang-Undang Migas.

Mantan Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) pernah ditugasi sebagai anggota Tim Landas Kontinen, Departemen Pertambangan, tahun 1979-1993. Selama itu, dia tidak pernah absen dalam anggota delegasi Indonesia ke perundingan batas landas kontinen RI dengan Australia, Vietnam, dan Malaysia.

Geologist senior panutan kami semua, ex Ketua IAGI dan terus bersama kegiatan IAGI dimanapun yang bisa didatangi. Aktivis energi Indonesia, praktisi migas pada jamannya, pemikir kritis, penulis piawai, dan intelek kebumian yang jadi inspirasi banyak geologist yang lebih muda,” ujar mantan Ketua IAGI, Andang Bachtiar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here