Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso (kiri) menerima penghargaan seumur hidup (Lifetime Achievement Award) dari Presiden Dewan Komunikasi Satelit se-Asia Pasifik (Asia Pacific Satellite Communication Council/APSCC) Gregg Daffner (kanan) pada acara The APSCC Satellite Conference and Exhibition di Jakarta, Selasa malam (2/10).

Jakarta, Petrominer – Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Adi Rahman Adiwoso, mendapatkan penghargaan seumur hidup (Lifetime Achievement Award) dari Dewan Komunikasi Satelit se-Asia Pasifik (Asia Pacific Satellite Communication Council/APSCC).

Penghargaan tersebut diberikan pada The APSCC Satellite Conference and Exhibition, Selasa malam (2/10). APSCC adalah asosiasi internasional yang mewakili semua sektor industri satelit dan atau yang terkait dengan ruang angkasa. Tujuan keseluruhan dari APSCC adalah untuk mempromosikan komunikasi dan penyiaran melalui satelit serta kegiatan luar angkasa di Asia-Pasifik untuk kesejahteraan sosial ekonomi dan budaya daerah.

Menurut Presiden APSCC, Gregg Daffner, Adi mendapatkan Lifetime Achievement Award karena menjadi pelopor industri satelit di Indonesia. Dedikasi dan konsistensi Adi sampai saat ini di industri satelit menjadikan penggunaaan teknologi ini di Indonesia berkembang pesat.

Penghargaan ini merupakan yang kedua diterima Adi dari APSCC. Pada tahun 2005, Adi mendapatkan penghargaan Satellite Executive of The Year in Asia Pacific.

Gregg menjelaskan, para penerima APSCC Awards telah diakui atas inovasi dan pencapaian mereka dalam industri satelit serta kepemimpinan mereka dalam mengembangkan dan mempercepat distribusi layanan baru melalui satelit di kawasan Asia Pasifik. APSCC juga sangat mengapresiasi individu yang membantu dalam perumusan kebijakan, peraturan, serta standar teknis di industri ini.

Pengalaman dan kontribusi Adi di industri satelit Indonesia memang sangat teruji. Meski lulus S1 dari Jurusan Teknik Aeronautika dan Astronautika Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat, dan mendapatkan masternya dari California Institute of Technology, California, Amerika Serikat, Adi justru berkarya di banyak perusahaan berbasis teknologi di Indonesia. Bahkan, dia juga mendirikan PSN sebagai perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia sejak tahun 1991 dan menjabat sebagai direktur utama hingga saat ini.

Mengomentari pernghargaan yang baru saja diterima, Adi mengatakan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri baginya secara pribadi dan keluarga besar PSN. Terlebih lagi penghargaan ini diterima bertepatan dengan rencana PSN untuk segera meluncurkan Satelit Nusantara Satu yang awalnya disebut dengan PSN VI.

“PSN sebagai perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia akan terus berkomitmen dan berkontribusi bagi pembangunan industri satelit di Indonesia. PSN melalui satelit terbaru kami yaitu Satelit Nusantara Satu, memiliki tekad untuk bisa menyatukan dan mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat di seluruh nusantara secara berkelanjutan dengan menyediakan layanan akses internet sampai daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal),” kata Adi.

Satelit Nusantara Satu merupakan satelit pertama di Indonesia dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) yang memiliki kapasitas bandwidth lebih besar dibanding satelit konvensional. Satelit ini mampu memberikan layanan internet broadband ke seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke daerah pelosok. PSN berkomitmen mewujudkan pemerataan akses digital ke seluruh penjuru Indonesia sehingga akan memudahkan akses informasi, transaksi digital, dan kemudahan lain pada semua aspek kehidupan. Satelit berkapasitas 15 Gbps ini merupakan buatan SSL dan akan diluncurkan di Florida, Amerika Serikat, dengan menggunakan roket Falcon 9 buatan Space X.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here