CEO Agincourt Resources Tim Duffy bersama General Manager Operational Darryn McClelland, Direktur Washington Tambunan, dan Senior Manager Community Pramana Triwahjudi foto bersama Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu dan Sekda Parulian Nasution usai menandatangani serah terima renovasi dan pembangunan kompleks Kantor Kecamatan Batangtoru.

Batangtoru, Petrominer – Tidak lama lagi, Kecamatan Batangtoru akan memiliki kompleks perkantoran kecamatan terbesar di seluruh Kabupaten Tapanuli Selatan. Gedung ini pun bakalan menjadi landmark bagi Kota Batangtoru.

Proyek renovasi kantor kecamatan tersebut telah dimulai. Renovasi dan pembangunan gedung perkantoran tersebut didukung oleh PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe.

Serah terima pembangunan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan telah dilakukan, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh General Manager Operations Agincourt Resources, Darryn McClelland, dan Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M. Pasaribu, Sabtu (16/11).

“Tambang Emas Martabe secara konsisten terus berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, salah satunya melalui kontribusi pembangunan infrastruktur perkantoran Kecamatan Batangtoru. Kami berharap pembangunan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan untuk seluruh masyarakat Batangtoru,” ujar Darryn.

Tambang Emas Martabe merenovasi beberapa fasilitas bangunan utama seperti kantor camat, rumah dinas camat dan kantor BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Selain itu, juga dibangun beberapa fasilitas tambahan untuk menunjang kinerja para pegawai Kecamatan Batangtoru seperti kantin, garasi truk pemadam kebakaran dan landscape untuk keseluruhan area perkantoran.

Malahan, menurut Senior Manager Community, Pramana Triwahjudi, ada juga fasilitas publik yang dibangun yakni Perpusatakaan Kecamatan Batangtoru.

“Kami berharap kehadiran perpustakaan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan melalui membaca. Tidak hanya itu, halaman bangunan perpustakaan juga dapat digunakan sebagai ruang publik yang ramah anak,” ujar Pramana.

Keseluruhan pembangunan kompleks perkantoran Kecamatan Batangtoru ini dirancang khusus dengan memerhatikan penataan landscape, drainase dan sirkulasi lalu lintas yang mendukung. Total luas kompleks perkantoran ini mencapai 3.600 m2.

Renovasi dan pembangunan kompleks perkantoran Kecamatan Batangtoru ini juga tetap mengusung kearifan lokal, yakni menggunakan konsep filosofi Dalian Na Tolu. Terdapat tiga atap gedung melambangkan filosofi Mora, Kahanggi dan Anak Boru yang hingga saat ini masih dipelihara oleh masyarakat Batangtoru.

“Kami ingin agar kompleks perkantoran ini bisa menjadi landmark bagi Kota Batangtoru,” tegas Pramana.

Program renovasi yang telah dilakukan sejak tahun 2018 ini merupakan salah satu program unggulan pemberdayaan masyarakat Tambang Emas Martabe di bidang infrastruktur. Beberapa program infrastruktur lainnya yang sedang berjalan meliputi pembangunan pompa tenaga surya untuk irigasi persawahan di Pulau Godang, pembangunan jembatan gantung di Sikua-kua.

Sepanjang tahun lalu, Tambang Emas Martabe telah mendukung 23 proyek infrastruktur di Batangtoru. Di antaranya pembangunan dan perbaikan kamar mandi umum di beberapa desa, perbaikan puskesmas, pembangunan fasilitas air bersih, perbaikan jembatan gantung Pulo Godang, perbaikan jalan desa, pembangunan pompa hydram untuk irigasi persawahan, pembangunan fasilitas pengolahan padi, serta perbaikan rumah ibadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here