PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan bantuan di 12 titik posko pengungsian korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lombok, Pertamina – PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan bantuan di 12 titik posko pengungsian korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bantuan tersebut dalam bentuk sarana dan prasarana, termasuk bahan bakar minyak (BBM) dan LPG untuk posko pengungsi.

Berbagai bantuan yang diberikan Pertamina tersebut disambut warga dengan suka cita. Termasuk di antaranya yang diberikan di salah satu titik terbanyak pengungsi, yaitu Dusun Terengan Tanak Ampar, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

“Alhamdulillah kami diberikan dapur umum, sembako, MCK, dan lain-lain yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Kepada perwakilan dan Direksi Pertamina sekaligus semua karyawan, saya mewakili warga Dusun Terengan Tanah Ampar mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan yang telah bapak dan ibu berikan. Semoga Allah memberikan yang terbaik kepada Pertamina,” kata Kepala Desa Pemenang, Farhanuddin, di lokasi pengungsian, Selasa (14/8).

Menurut Farhanuddin, warga memang sangat membutuhkan uluran tangan. Terlebih dari desa tersebut menjadi salah satu titik pengungsi paling banyak, yaitu 2.700 orang. Memang, lanjut dia, melihat banyaknya pengungsi, bantuan tersebut belum bisa dianggap mencukupi. Namun tetap saja harus disyukuri dan dinilai sangat bermanfaat.

Sebelumnya, Kepala Desa Pemenang ini memang sangat mengharapkan uluran tangan donatur yang mau memberikan bantuan untuk desanya. Untuk itulah dia bersyukur, ketika Pertamina mengalirkan bantuan ke lokasi tersebut.

PLT Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, terjun langsung melihat kondisi yang dialami warga terdampak bencana di tenda-tenda pengungsian Desa Pemenang Timur, Lombok Utara, Senin (13/8).

Bantuan Pertamina memang terus mengalir ke berbagai titik pengungsian di Lombok. Beberapa bantuan yang diberikan antara lain bahan bakar minyak jenis Solar sebanyak 5.000 liter, yang masing-masing 2.500 liter untuk Posko Darurat Pemenang dan 2.500 liter untuk Posko Darurat Tanjung. Bantuan tersebut ditujukan agar operasional Posko terus berjalan.

Selain BBM, Pertamina juga memberikan bantuan bahan bakar gas Pertamina yakni Bright Gas kemasan 12 kg sebanyak 50 tabung dan kemasan 5,5 kg sebanyak 50 tabung. Bantuan ini dibagi di beberapa lokasi yakni 14 tabung di Dapur Umum PLN, 5 tabung di Dapur Umum TNI, 20 tabung di Posko Tanjung, 20 tabung di Posko Kahayangan, 20 tabung di Posko Gangga, dan 21 tabung di Posko Pemenang (Dapur Umum Pertamina).

Pasca gempa mengguncang Lombok hingga 12 Agustus 2018, Pertamina telah menyalurkan bantuan di 12 lokasi:

  • Posko Tanggap Darurat Sembalun (Sembako, BBM, LPG)
  • Posko Tanggap Darurat Sambalia (BBM, LPG)
  • Posko Utama Tanjung (BBM)
  • Komando Daerah Militer (BBM)
  • Dinas Pekerjaan Umum (BBM)
  • RS Darurat Tanjung Wangi (BBM)
  • Posko Kecamatan Pamenang (Air Mineral, BBM, LPG, Tenda)
  • Dapur Umum PLN (LPG)
  • Dapur Umum Rembige (LPG)
  • Titik Posko 1 Pertamina Peduli Kecamatan Pamenang (Sembako, LPG, BBM, Tenda, Tim Medical, Obat-obatan, dll)
  • Titik Posko 2 Pertamina Peduli Kecamatan Pamenang (Sembako, LPG, BBM, Tenda, dll)
  • Titik Posko 3 Pertamina Peduli Kecamatan Pamenang (Sembako, LPG, BBM, Tenda, dll)
Selain bahan bakar minyak (BBM), PT Pertamina (Persero) juga menyerahkan bantuan Bright Gas 12 Kg untuk mendukung operasional posko pengungsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here