Suasana lomba seni mural di dinding kompleks Kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (26/12).

Cilacap, Petrominer – Sungguh menarik dan menjadi lebih berwarna. Itulah kesan saat melihat dinding kompleks Kilang Pertamina Cilacap yang kini dipenuhi oleh seni mural. Warna dinding yang biasanya monoton dibuat menjadi warna-warni dan penuh gambar kreatifitas.

Seni mural tersebut merupakan hasil dari lomba yang digelar oleh Kilang Cilacap dalam upaya memfasilitasi kreatifitas seni mural bagi warga Cilacap, Jawa Tengah. Dengan mengusung tema Bio Refinery & Clean Energy, lomba yang terbuka untuk umum tersebut diikuti 31 tim pekarya seni mural, Sabtu (26/12).

Lomba diawali dengan semprotan cat warna-warni oleh General Manager Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Joko Pranoto. Lomba seni mural ini digelar di sepanjang Jalan Banjaran, Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap. Tepatnya di dinding Kompleks Kilang Pertamina Cilacap yang berbatasan dengan wilayah RW 22 Kelurahan Donan.

Kompetisi yang digelar sehari penuh ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 32 juta. Hasilnya pun langsung diumumkan sore hari melalui beberapa kriteria penilaian juri. Tampil sebagai juara 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah Tim OneR, Tim Kopi Sachet dan Tim Diam yang masing- masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta, Rp 8 juta dan Rp 6 juta. Penghargaan juga diberikan kepada juara harapan 1 sampai 3.

General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Joko Pranoto.

Menurut Joko, kegiatan ini merupakan lanjutan lomba yang pernah diselenggarakan sebelumnya di area KM 70. Dia berharap masyarakat bisa menikmati keindahan seni mural melalui kreatifitas peserta.

“Rencananya selesai lomba mural kami akan membuat lomba membuat taman di sekitar sini, anggap ini adalah kado ulang tahun dari kami,” ujarnya.

Selain dihiasi seni mural, menurut Joko, nantinya di atas dinding juga akan dipasang lampu-lampu supaya lebih menambah semarak suasana saat malam hari.

Tema ‘Bio Refinery‘ diambil berkaitan dengan tuntutan agar Pertamina mulai beralih mengolah minyak dengan bahan baku dari alam sebagai energi terbarukan. Ini sejalan dengan harapan ke depan hasil olahan kilang Pertamina RU IV merupakan produk yang bersih dan ramah lingkungan.

Tim OneR terpilih sebagai Juara 1 lomba seni mural bertema β€œBio Refinery & Clean Energy, yang digelar Kilang Pertamina Cilacap, Sabtu (26/12).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here