Pelantikan dan mengukuhkan Kepala dan Pimpinan SKK Migas, serta Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian ESDM, Senin (5/12).

Jakarta, Petrominer – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, melantik dan mengukuhkan Dwi Soetjito sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk masa jabatan keduanya. Pelantikan tersebut dilaksanakan di kantor Kementerian ESDM, Senin (5/12).

Selain Dwi, ada dua pejabat lama lainnya yang masih dipertahankan dalam jajaran pimpinan SKK Migas, yakni Benny Lubiantara sebagai Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja, dan Rudi Satwiko sebagai Deputi Dukungan Bisnis. Sementara posisi Wakil Kepala SKK Migas, kini diduduki Nanang Abdul Manaf yang sebelumnya menajabat sebagai Tenaga Ahli Menteri ESDM bidang Operasi Hulu Migas.

Kegiatan pelantikan tersebut sebagai tindak lanjut dari Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor: 51/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bum dan pelaksanaan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor: 284.K/KP.05/MEM.S/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan di Lingkungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegaitan Usaha Hulu Minyak dan Gas.

Dalam arahannya, Arifin menyampaikan agar SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus berupaya meningkatkan produksi migas nasional. Antara lain dengan melakukan pengeboran sumur pengembangan, kegiatan workover dan well service secara massif serta melakukan berbagai upaya dan terobosan agar produksi migas dapat mencapai target APBN atau bahkan melebihi target.

“Target produksi minyak ini dapat dilakukan percepatan untuk mengurangi impor, sehingga Pemerintah memiliki ruang yang lebih luas untuk melakukan pembiayaan pengembangan energi terbarukan yang menjadi prioritas dalam transisi energi,” tegasnya.

Menteri ESDM juga mengingatkan kepada seluruh Pimpinan dan pegawai SKK Migas untuk tetap menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan serta berkomitmen melaksanakan tugas untuk kepentingan organisasi, agar dapat memberikan sumbangsih yang nyata dan optimal kepada bangsa dan negara. Disamping itu, dalam situasi dan kondisi saat ini, seluruh jajaran SKK Migas perlu memiliki sense of crisis terhadap lingkungan.

Pelantikan pejabat pimpinan di SKK Migas sekaligus merupakan implementasi dari Peraturan Menteri ESDM nomor 2 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja SKK Migas. Selain pimpinan SKK Migas, dilantik juga Gigih Udi Atmo sebagai Direktur Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE.

Berikut daftar pejabat yang dilantik:

No

Nama

Jabatan Lama

Jabatan Baru

Jabatan

Unit

Jabatan

Unit

1 Dwi Soetjipto Kepala SKK Migas Kepala SKK Migas
2 Nanang Abdul Manaf Tenaga Ahli Komisi Pengawas Bidang Operasi SKK Migas Wakil Kepala SKK Migas
3 Shinta Damayanti Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Strategi Percepatan Pencapaian Target Produksi Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Sekretaris SKK Migas
4 Irjen (Purn) Eko Indra Heri Pati Bareskrim Polri Kepolisian Negara Republik Indonesia Pengawas Internal SKK Migas
5 Benny Lubiantara Deputi Perencanaan SKK Migas Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas
6 Wahju Wibowo Kepala Divisi Perencanaan Eksploitasi SKK Migas Deputi Eksploitasi SKK Migas
7 Kurnia Chairi Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas
8 Rudi Satwiko Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas
9 Gigih Udi Atmo Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Madya Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal EBTKE

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here