Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman, melihat langsung pelaksanaan vaksinasi para petugas PLN yang akan bertugas selama pelaksanaan PON XX Papua.

Jayapura, Petrominer – PT PLN (Persero) berkomitmen mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Selain memastikan kehandalan listrik di seluruh venue, PLN pun memastikan kesehatan personel yang bertugas melalui program vaksinasi Covid-19.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman, menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen menjaga penyelenggaraan agar dapat memenuhi prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku. Ini demi kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua.

“Sukses PON XX Papua 2021 merupakan sukses PLN. Sukses bangsa dan semua kita. Maka selain memastikan kehandalan listrik, keandalan imun serta kesehatan personel juga harus dijaga,” katanya saat berkunjung ke Kantor PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB), Senin (13/9).

Menurutnya, vaksinasi ini merupakan bagian dari upaya PLN untuk mendukung kesehatan para petugas agar siap bertugas saat penyelenggaraan PON nanti. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa semua personil yang terlibat dalam pelaksanaan PON XX Papua 2021 wajib sudah divaksin Covid-19.

“Ini karena musim pandemi, PLN memiliki prosedur kesehatan yang ketat, bahkan tim kesehatan khusus sebagai pendamping operator, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pihak-pihak lain yang juga terlibat di lapangan,” ujar Syofvi.

Dalam vaksinasi bagi petugas kelistrikan selama PON berlangsung, vaksin yang digunakan merupakan vaksin gotong royong hasil sinergi dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Vaksinasi bagi para personel PLN merupakan salah satu agenda penting dalam upaya PLN mengejar berbagai penugasan dan proyek yang terus berlangsung di tengah pandemi.

Sejauh ini, jumlah pegawai dan tenaga alih daya PLN secara nasional yang sudah mengikuti vaksinasi mencapai 164.485 atau 88 persen dari keseluruhan petugas yang bekerja bersama PLN.

Kesiapan Petugas

Sementara itu terkait pengamanan kelistrikan PON XX Papua 2021, PLN menyatakan akan menyiapkan 1.574 petugas yang tersebar di empat klaster penyelenggara, meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Timika.

Selama periode siaga 18 September-15 Oktober 2021, para petugas termasuk tambahan personel dari Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Mereka akan memastikan 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lain siap dengan kelistrikan yang handal. Lokasi tersebut meliputi kantor VIP, penginapan, rumah sakit, command center dan lokasi lainnya.

Sebelumnya, PLN juga telah melakukan simulasi kelistrikan untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan untuk menyukseskan PON XX Papua 2021. Simulasi kelistrikan ini dilakukan untuk melihat kesiapan PLN dalam menghadapi gangguan saat pelaksanaan PON XX Papua 2021.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here