Fasilitas Hot Cooking, Central Kitchen ISS Indonesia di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jakarta, Petrominer — Setelah sukses menekuni bisnis jasa catering di wilayah pertambangan (remote area), ISS Indonesia mulai membidik jasa catering di perkotaan (city catering). Aksi korporasi ini tidak lepas dari masih lesunya bisnis di sektor pertambangan.

Meski kompetisi bisnis city catering cukup tinggi, ISS pun menyatakan yakin bisa menembusnya. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan PMA asal Denmark ini pun telah membangun dapur sentral (central kitchen) di dalam kota Jakarta. Dengan begitu, akses ke klien mudah terjangkau.

“Bisnis katering di pasar domestik sejauh ini masih prospektif. Pertumbuhannya pun positif,” ujar EVP-Head of Regional Management ISS Indonesia, Bendady Hindom Pramono, di ISS Central Kitchen di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (14/6).

Bendady menjelaskan, ISS Indonesia telah memberikan jasa layanan catering sejak tahun 2007 lalu dan berpengalaman melayani perusahaan-perusahaan pertambangan dan energi yang berlokasi di remote area. ISS Indonesia terus mengembangkan bisnis dengan melayani perusahaan di luar pertambangan, misalnya di bidang manufaktur (industrial catering services).

“Sejak Mei 2017, kami resmi mengoperasikan Central Kitchen yang berlokasi di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pembangunan fasilitas ini merupakan bagian dari strategi ekspansi dengan mengembangkan city catering yang menyasar perusahaan-perusahaan atau kawasan industri di Jabodetabek,” paparnya.

Menurut Bendady, lokasi dapur sentral tersebut cukup strategis, karena memiliki akses yang sangat baik ke kawasan industri di jalan raya Jakarta-Bogor, Pulo Gadung, Sunter, Kawasan SCBD maupun Segitiga Emas Kuningan-Sudirman.

Sebagai salah satu pemain baru, dia menyatakan tidak minder untuk bersaing. Pasalnya, ISS Indonesia selalu berupaya memberikan makanan segar yang aman, higienis dan berkualitas tinggi dengan standar internasional. Tidak hanya itu, fasilitas dapur dilengkapi dengan lantai dari epoxy sehingga mudah dibersihkan, peralatan masak industrial serta peralatan dan meja baja stainless.

“ISS Catering Services juga didukung para ahli gizi bersertifikat yang memastikan seluruh hidangan mengandung asupan nutrisi yang tepat,” jelasnya.

Fasilitas Rice Cooking, Central Kitchen ISS Indonesia di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Hingga kini, ISS Indonesia memberikan layanan catering kepada 13 perusahaan. Antara lain Kaltim Prima Coal dan di Kalimantan, Adaro, Star Energy Wayang Windu di Pengalengan Bandung, Indonesia Bulk Terminal, Pabrik semen Cemindo Gemilang di Bayah, Pelabuhan Ratu, pabrik botol Kangar Consolidated Industries di Pulo Gadung, serta Schlumberger di kantor Jakarta.

Meski begitu, Bendady menyatakan ISS belum mematok target agresif untuk bisnis katering. Contohnya untuk tahun depan, kontribusi bisnis katering diprediksi masih sama dengan tahun ini, yaitu 3% terhadap total pendapatan. Alasannya, tulang punggung ISS adalah bisnis pengembangan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here