Direktur Jenderal Minerba Ridwan Djamaluddin (kiri) menyerahkan trofi penghargaan kepada perusahaan penerima Minerba Award 2020.

Jakarta, Petrominer – Menyambut Hari Pertambangan dan Energi ke-75, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan Penghargaan Penilaian Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara Yang Baik Pertama.

Acara pengumuman dan penyerahan penghargaan digelar di kantor Ditjen Minerba, Selasa pagi (29/9). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Direktur Jenderal Minerba Ridwan Djamaluddin.

Kepada perusahaan-perusahaan penerima penghargaan, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengucapkan selamat dan berharap mereka dapat menjadi role-model dan etalase untuk penerapan kaidah teknik pertambangan.

“Saya mengucapkan selamat kepada badan usaha pertambangan yang menerima piagam prestasi, trofi prestasi tiap aspek, serta trofi Penghargaan Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan. Saya berharap agar badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang mendapatkan penghargaan dapat menjadi role-model, etalase, serta a place to see and be seen untuk penerapan kaidah teknik pertambangan,” ujar Arifin.

Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 merupakan kegiatan rutin dari Kementerian ESDM cq Direktorat Jenderal Mineral Dan Batubara.

Penghargaan Prestasi Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Minerba telah diadakan sejak tahun 1992. Pada tahun 2004, Ditjen Minerba mengubah nama penghargaan menjadi Penghargaan Prestasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara. Selanjutnya pada tahun 2018 diselenggarakan Penghargaan Prestasi Pengelolaan Usaha Jasa Pertambangan.

Kegiatan ini merupakan ajang pemberian apresiasi dari Pemerintah kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis, melaksanakan konservasi sumberdaya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup, dalam rangka mewujudkan praktek pertambangan yang baik atau Good Mining Practices.

Berikut para penerima Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020:

I. Penghargaan Terbaik Atas Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang baik:

  • PT J Resources Bolaang Mongondow untuk Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik Kelompok Komoditas Mineral; dan
  • PT Adaro Indonesia untuk Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik Kelompok Komoditas Batubara.

II. Penghargaan Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara

  • PT Nusa Halmahera Minerals untuk Kelompok Komoditas Mineral
  • PT Adaro Indonesia untuk Kelompok Komoditas Batubara

III. Penghargaan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara

  • PT Adaro Indonesia untuk Kelompok Perusahaan Pemegang PKP2B

IV. Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara

  • PT Amman Mineral Nusa Tenggara untuk Kategori KK dan IUPK
  • PT Adaro Indonesia untuk Kategori PKP2B
  • PT Aneka Tambang Tbk Unit Pertambangan Emas Pongkor untuk Kategori IUP

V. Penghargaan Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara

  • PT Timah Tbk Unit Produksi Darat Bangka untuk Kelompok Komoditas Mineral
  • PT Trubaindo Coal Mining untuk Kelompok Komoditas Batubara

VI. Penghargaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara

  • PT Adaro Indonesia untuk Kelompok Pengelola Perusahaan Jasa Pertambangan
  • PT Pamapersada Nusantara Site PT Adaro Indonesia untuk Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan Bidang Pengupasan Lapisan/Tanah Tertutup
  • PT Thiess Contractors Indonesia Site PT Arutmin Indonesia Tambang Satui untuk Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan Bidang Pengangkutan
  • PT Pamapersada Nusantara Site PT Suprabari Mapanindo untuk Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan Bidang Peledakan
  • PT Pontil Indonesia Site PT Amman Mineral Nusa Tenggara untuk Kelompok Perusahaan Jasa Pertambangan Bidang Eksplorasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here