Petugas melakukan pemeliharaan jaringan listrik di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) PT PLN (Persero) di Gandul, Depok, Jawa Barat. (Petrominer/Fachry Latief)

Depok, Petrominer – PT PLN (Persero) Pusat Pengaturan Beban (P2B) Jawa Bali telah menyiapkan dan menyiagakan pemenuhan pasokan listrik menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif pada 17 April 2019 nanti.

“Kami upayakan semaksimal mungkin persiapan dan langkah antisipatif dalam menyambut pesta demokrasi. Kami juga telah menetapkan siaga Pemilu yakni tanggal 17 Maret – 24 April 2019 yang berlaku diseluruh Indonesia,” ujar Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin, Jum’at (12/4).

Menurut Amir, hal itu dilakukan untuk mempermudah pememantauan kondisi sistem kelistrikan terutama di objek-objek vital pemilu seperti KPU dan KPUD.

Berikut langkah-langkah preventif yang telah disiapkan PLN untuk menghadapi gangguan kelistrikan menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif Tahun 2019:

  1. Menetapkan Siaga Pemilu Presiden dan legislatif Tahun 2019 tanggal 17 Maret s.d 24 April 2019.
  2. Menyiapkan SOP Khusus Sistem Tenaga Listrik Jawa Bali periode Pemilu Presiden dan legislatif Tahun 2019.
  3. Menyiapkan Kecukupan pasokan daya dan cadangan sistem.
  4. Menyiapkan Pembangkit dan transmisi agar andal dengan mengatur jadwal pemeliharan pembangkit dan transmisi diluar masa siaga Pemilu pilpres.
  5. Melakukan Piket Siaga dan Pelaporan Kondisi Sistem Jawa Bali.
  6. Meningkatkan kesiagaan, menjaga Keandalan dan Kualitas Pasokan Listrik pada semua Tempat Pemungutan Suara (TPS).
  7. Tidak melakukan pekerjaan/pemeliharaan yang dapat mengganggu pasokan listrik kecuali pekerjaan perbaikan yang disebabkan gangguan.
  8. Meningkatkan koordinasi operasi antara Unit Pembangkit, Penyaluran dan Distribusi
  9. Meningkatkan koordinasi dengan aparat terkait untuk menjaga keamanan instalasi;
  10. Apabila terjadi gangguan yang mengakibatkan kondisi defisit daya, akan diusahakan agar dampak sosial ke masyarakat minimum.
  11. Untuk sistem kelistrikan dengan status siaga akan diupayakan dengan Captive Power.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here